30

Andal Jadi Vlogger Traveling

Sukses disukai dan mendapat banyak pemasukan tentu harapan tinggi bagi seorang vlogger. Karenanya video yang diunggah tidak boleh asal. Apalagi jika berkonsep liburan. Acara jalan-jalan yang sedang nge-trend dan dinikmati banyak orang.

Video yang disajikan harus semenarik mungkin. Plus tidak melanggar tata krama atau plagiat. Potongan-potongan video yang diunggah memang hasil karya sendiri. Sekali terdapat unsur ketidakjujuran, penonton akan menarik diri terhadap video-video yang baru. Jadi, jangan harap bisa meniti jalan dengan mulus sejak awal.

Akan tetapi bukan berarti lantas jadi vlogger andal tidak bisa diraih. Mengingat ada biaya yang harus dikeluarkan hingga sampai di lokasi. Semuanya juga tergantung dari upaya dan kegigihan dalam berusaha. Alatnya yang tersedia juga tidak harus serta merta lengkap. Gunakan saja yang telah Anda miliki. Dengan usaha maksimal, bukan tidak mungkin kanal video langsung dibanjiri para penggemar.

Tentukan tujuan

Tentukan tujuan pembuatan video. Sekedar iseng, memenuhi hobi, melatih keterampilan membuat video, sampai sengaja menjadikannya sebagai pundi-pundi uang. Memahami tujuan sedari mula akan membantu menentukan tetek bengek lainnya. Misalnya video yang ditujukan komersil dibuat cenderung lebih serius ketimbang bersifat amatiran.

Siapkan alat

Siapkan semua alat. Terutama alat yang pas dipakai saat jalan-jalan. Dalam situasi tertentu, ponsel saja sudah mencukupi. Apalagi sekarang dari ponsel bisa langsung diedit. Tetapi bagi Anda yang ingin mendapat gambar lebih baik, gunakan kamera. Selain itu, pikirkan bantuan alat-alat lain untuk mendapat hasil yang lebih sempurna.

Materi konten

Konten yang menarik memang sudah menjadi tuntutan. Namun, di sisi lain buat subtema dari konsep besarnya, yakni liburan. Seperti membahas khusus aturan yang tidak boleh dilanggar ketika datang ke suatu resort. Penikmat video bisa fokus dan tertarik pada isi yang lebih padat. Dibanding tema besar yang terkadang sering kurang muatan.

Proses editing

Lalu pada proses editing, cermati baik-baik setiap detik perekaman yang telah didapat. Manfaatkan aplikasi editing di ponsel atau internet untuk membantu. Khususnya saat ingin menambahkan lantunan musik, dan sebagainya.

Durasi

Menginjak pada persoalan durasi, terapkan saja sesuai kenyamanan konsumen video. Banyak penonton yang lebih menyukai video pendek dan sarat isi. Berharap dari sekian menit saja sudah mendapat inspirasi. Jadi, trik ini bisa dipakai oleh vlogger pemula supaya sejak awal penonton tidak cepat bosan.

Nama dan judul menarik

Tetapkan nama dan judul yang menarik. Mudah diingat dan mudah dicari saat menelusuri laman YouTube. Lebih baik jika tetap relevan dengan konten video, meski dikemas dalam kata-kata bombastis. Penonton akan mudah kecewa begitu tahu, judul yang diharap sangat istimewa ternyata tidak berkoneksi apa-apa dengan isi di dalamnya.

Promosi

Layaknya berjualan barang, promosi juga pada orang lain. Memakai akun media sosial dengan menyertakan alamat video yang langsung bisa di klik. Tulis beberapa kata pengantar, di mana bisa dimaksudkan sebagai permintaan agar mereka melihat video liburan buatan Anda. (LAF)

 

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments