28

Cegah Gigi Tanggal Sebelum Tua

Mimpi memiliki gigi tetap utuh dan indah hingga tua nanti bukan hal yang mustahil. Tentu harus dimulai dari sekarang. Terutama mencegahnya supaya tak cepat tanggal dan mulut jadi ompong.

Pemilik sendiri yang akan rugi bila giginya cepat tanggal. Makanan tidak terkunyah sempurna, juga jadi anti pada makanan yang bertekstur keras. Saat dipandang, urusan penampilan jadi berkurang. Sedang menutupi kekurangan jumlah gigi dengan gigi palsu pasti harus menanggung risiko tertentu. Jadi tak percaya diri, malu, dan dipandang lebih tua dari umur sebenarnya.

Belum lagi mesti merogoh kocek yang cukup besar. Berikut biaya rawat jalan dan upaya penindakan lanjutan agar gigi tanggal tidak semakin bertambah. Jadi tidak ada langkah bijak selain mencegahnya sedari awal. Tak perlu menunggu sampai masa tua tiba.

Sikat gigi dua kali sehari

Selalu biasakan diri menyikat gigi dua kali sehari. Terutama setelah makan pagi dan sebelum tidur malam. Pilih pasta gigi yang berbahan aman dan tidak membuat mulut jadi kering.

Walau terlihat sederhana, sikat gigi berikut kumur-kumur dengan air efektif menyingkirkan sisa makanan dan kuman. Salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit. Diawali dengan gigi berlubang, keropos, goyang, lalu jadi tanggal.

Gunakan sesuai fungsinya

Fungsi gigi yang utama adalah untuk mengunyah. Sebagian jenisnya berguna untuk menggigit dan memotong. Namun terapkan ini hanya untuk makanan dan jenis minuman tertentu. Bahkan Anda disarankan untuk lebih sering berinteraksi dengan makanan yang perlu dikunyah. Ketimbang sudah halus seperti bubur dan jus.

Selain itu, ingat, gigi bukan diaplikasikan pada benda-benda non-konsumsi. Seperti membuka tutup botol yang keras atau menyobek kemasan plastik. Ada gigi yang kerap digunakan untuk mengangkat tali penghubung barang agar bisa digeser. Jika aksi seperti ini terlalu sering, akar dan tubuh gigi berubah jadi lemah.

Hindari gula dan kimiawi berlebih

Sesedikit mungkin konsumsi makanan dan minuman bergula berlebih. Termasuk makanan dan minuman yang mengandung terlalu banyak kandungan bahan kimia buatan. Begitu pula dengan tidak berlebihan mengonsumsi rokok, teh, dan kopi.

Sisa makanan yang tidak terhapus sempurna menjadi ancaman nyata bagi gigi. Pada kekokohannya, juga pada warnanya. Kuning kusam sampai menuju warna hitam.

Cegah suhu kontras bersamaan

Saat menyantap menu, usahakan beberapa di antaranya tidak memiliki suhu yang kontras. Seperti terlalu panas dan terlalu dingin. Misalnya makan bakso dengan kuah panas mengepul dan minum es. Jika yang tersedia hanya itu, coba jeda sebentar, tunggu hingga suhu lebih netral.

Memberikan suhu kontras yang mendadak dan berdekatan pada gigi, jelas akan menjadi kejutan besar. Merangsang gigi tercerabut perlahan. Sedang bagian email lebih sensitif terhadap berbagai sentuhan.

Rutin kunjungi dokter

Lakukan kunjungan ke dokter gigi rutin enam bulan sekali. Demi mengantisipasi sumber-sumber awal penyakit gigi yang tidak mudah dideteksi. Seperti karang gigi, lubang-lubang kecil, dan sebagainya. Dokter akan memberikan saran perawatan yang cocok selaras dengan riwayat kesehatan Anda pribadi. Senantiasa menghadirkan proteksi menyeluruh bagi awetnya gigi hingga menua nanti. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pixabay

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments