27

Jurus Jitu Membereskan Kelebihan Barang di Rumah

Rumah dengan kelebihan barang terkadang memang membawa masalah tersendiri. Rumah bukannya jadi indah, melainkan tampil yang sebaliknya. Jadi, harus ada cara untuk mengakhirinya.

Sebab menurut beberapa pengamat, penghuni akan menderita kerugian psikologis. Kelebihan barang ternyata menciptakan suasana yang menjemukan dan kesan ruang yang sempit. Walau sebenarnya bangunan luas. Namun karena banyaknya isi dan ditambah penataan yang tak sesuai, rumah jauh dari bayangan yang ideal. Bukan tidak mungkin menjadi pemicu stres bagi anggota keluarga.

Tanda rumah yang berlebihan barang sendiri mudah dikenali. Di antaranya terdapat barang-barang tidak terpakai saling bertumpuk lama, memenuhi ruangan, sampai hampir di setiap gerak mesti dilakukan hati-hati agar tidak menyenggol barang. Kejadian barang terjatuh akibat ketidaksengajaan juga sudah dianggap biasa. Ruang yang seharusnya lapang tidak bisa dinikmati dengan leluasa.

Singkirkan yang tak terpakai

Langkah pertama yang bisa dimulai adalah menyingkirkan barang tak terpakai. Pilah mana yang memang benar-benar dibutuhkan dan mana yang kiranya sudah seharusnya dibuang. Anda bisa mengemasnya tersendiri, sehingga terlihat jelas perbedaannya.

Setelah barang tak terpakai terpisah, Anda bisa menempatkan di lokasi tertentu. Seperti gudang, bagian garasi, atau ruang di bagian belakang. Namun jangan letakkan di ruang-ruang utama. Karena hasilnya bagi rumah tidak akan banyak berbeda dari yang sebelumnya.

Susun vertikal

Anda juga bisa mengakali dengan menyusun barang-barang secara vertikal. Dengan menggunakan bantuan boks, rak susun, lemari, dan sebagainya. Media-media tadi akan menjadi wadah barang supaya tidak tercecer kemana-mana. Barang lebih rapi dan lebih enak dipandang.

Selanjutnya beberapa boks bisa diposisikan pada sudut ruangan, rak susun bisa digantung, atau atur sesuai kenyamanan. Termasuk menyembunyikannya di kitchen set. Terpenting, jangan mengulangi peletakkan barang tanpa regulasi jelas. Alias tersebar di mana saja.

Simpan sesuai jenisnya

Klasifikasi sesuai jenisnya. Misalnya menjadikan peralatan makan dalam satu kotak, alat masak juga dalam kotak tersendiri. Lipat dan pastikan baju yang sering dipakai termuat rapi. Sama halnya dengan semua alas kaki yang apik tertata. Pasang perhatian pada aksesoris yang biasanya ikut memenuhi. Bila dirasa tak lagi menciptakan estetika, sebaiknya singkirkan saja.

Trik ini sangat ampuh mengatasi barang-barang yang berjubel berubah ringkas. Di samping memudahkan Anda menemukan barang yang dibutuhkan.

Perhatikan bila tak sesuai tempatnya

Selalu upayakan meletakkan barang-barang sesuai tempatnya. Biasakan dan terus konsisten. Langkah ini untuk menjaga agar rumah tetap terkondisikan rapi nan lapang. Imbau pada seluruh penghuni melakukan langkah yang serupa. Sehingga menjadi tanggung jawab bersama.

Hidup minimalis

Pilihan menjalani hidup minimalis juga bisa jadi solusi. Jalan yang sebenarnya disarankan untuk mengatasi sikap hedonis, namun tak ada salahnya dipakai untuk mengurangi barang-barang berlebihan di rumah. Cara ini bukan saja membuat rumah lebih rapi dan teratur, akan tetapi juga mengundang ketenangan dan ketentraman bagi diri sendiri. Tidak ada salahnya mencoba, dan rasakan manfaatnya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments