25

Aturan Main Bermalam di Rumah Calon Mertua

Meski sudah pasti akan menikah dengan anak mereka, bukan berarti tidak ada aturan main ketika menginap di rumah calon mertua. Ada adab yang perlu dijunjung tinggi. Baik untuk image Anda dan menjaga hati orang tua pasangan.

Banyak alasan yang membuat bermalam di rumah calon mertua tak terhindari. Salah satunya mungkin tiadanya tempat penginapan, sejenis hotel, di dekat rumah mereka. Tidak ada pula teman yang siap menampung. Sehingga mau tak mau memaksa diri tidur di sana. Atau dilatarbelakangi alasan yang sangat bersifat personal, yakni pasangan ingin Anda dan orang tuanya lebih dekat lagi sebelum pernikahan terlaksana.

Oleh karenanya, memanfaatkan momen menginap perlu dilakukan seoptimal mungkin. Sedini mungkin menangkis kesalahan, yang bisa memicu keengganan dari calon mertua. Walau terkesan sepele dan ringan bagi keseharian Anda. Karena yang terpenting adalah kesan awal sebagai pengantar relasi hangat di antara Anda dan mereka.

Beritahu orang tua

Beritahu pada orang tua sendiri sebelumnya. Jelas menyebutkan akan berkunjung ke rumah orang tua pasangan dan bermalam. Sertakan alasan yang sebenarnya sebagai cara lain meminta persetujuan. Juga terus beri kabar ketika sampai, berapa lama, dan ceritakan pula kegiatan apa saja yang dilakukan selama berada di sana.

Saat muncul masalah atau bingung bagaimana mengatasi, orang tua akan sigap membantu. Orang tua jadi tenang. Berbeda bila Anda tak berkabar sama sekali, lantas muncul problem.

Diizinkan oleh calon mertua

Kenali apakah Anda sudah mendapat lampu hijau atau belum. Alias pernyataan setuju yang terucap. Atau malah calon mertua meminta sendiri saat bertatap muka dengan Anda.

Bila belum terdengar juga, apalagi tidak mungkin segera pulang karena waktu sudah malam, minta bantuan pasangan untuk menyampaikan. Mungkin saja orang tua tidak mengetahui bahwa Anda ingin menginap.

Namun alangkah lebih baik lagi persetujuan sudah di tangan sebelum Anda tiba. Datang tidak lagi dibayang-bayangi keraguan boleh tidaknya menginap barang semalam saja.

Jaga etika dan norma setempat

Setiap daerah tentu punya norma yang harus dihormati. Dan berlaku bagi Anda meski hanya sesaat saja. Patuhi dan tunjukkan niat baik Anda. Dari jam malam, aturan makan, cara berpakaian, kebiasaan bertandang, serta lain-lain.

Dijamin, sedikit saja kemauan untuk mematuhi norma, akan berbalas budi baik dari mereka. Plus semakin mantap untuk segera menjadikan Anda bagian sah dari keluarga.

Bangun pagi dan bantu mereka

Terdengar klasik, akan tetapi bangun pagi sangat jitu menunjukkan Anda memiliki kepribadian yang baik. Ditambah Anda mau membantu menyelesaikan pekerjaan domestik. Sederhana saja, seperti merapikan tempat tidur dan mencuci piring makan sendiri. Juga jangan lupa kembalikan barang ke tempat semula.

Patuhi permintaan mereka

Ingat selalu untuk menaati permintaan calon mertua. Selama berada di koridor kemampuan dan mampu dikerjakan. Misalnya saja calon mertua telah menyediakan kamar khusus. Tempati saja tanpa perlu mengajukan tanya. Terselip keberatan seringan apapun, akan berbuah tak sedap untuk hubungan ke depan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments