23

Hidangan Jepang dalam Balutan Tepung

Selain sushi, hidangan Jepang yang banyak digemari adalah katsu. Makanan yang berbalut tepung panir atau panko tersebut sangat cocok dengan lidah orang Indonesia yang akrab dengan makanan yang digoreng. Di Kimukatsu, berbagai jenis katsu disajikan dengan cara yang unik dan menggugah selera.

Di dunia kuliner, restoran Kimukatsu sudah cukup terkenal, sekitar 20 outlet ada di berbagai wilayah Jakarta dan daerah lain. Namun cabang resto ini baru dibuka di Bintaro, tepatnya di Bintaro Jaya Xchange Mal, pada Februari 2019.

Daging Berlapis

Interior Kimukatsu.

Sesuai namanya, Kimukatsu memang memfokuskan diri pada menu aneka katsu. Salah satu yang telah membuat jatuh hati banyak pelanggannya adalah beef katsu mille-feuille cutlet. Potongan daging sapi yang empuk, dipotong tipis, lalu ditumpuk hingga berlapis-lapis, lalu dibalut dengan tepung panko dan digoreng.

Bayangkan, ketika pertama menggigit, Anda akan bertemu renyahnya tepung panko lalu kemudian jus dari daging yang lembut menyapa lidah. Apalagi bila Anda memilih beef katsu dengan bagian tengah berisi keju. Daging dan lelehan keju akan menciptakan harmoni merdu di lidah. Selain keju, lapisan daging ini juga ada yang direndam dengan bumbu daun bawang (negi), bumbu lada hitam untuk rasa yang lebih spicy, atau sentuhan bawang putih yang gurih.

Beef katsu set.

Semuanya bisa Anda pilih dalam bentuk ala carte atau set. Untuk beef katsu set seharga Rp 60 ribu hingga 67 ribu, sudah termasuk nasi putih, miso soup, carbage salad dan acar.

Selain itu ada pula chicken katsu yang juga dimasak dengan gaya mille-feuille seperti beef katsu. Masih dengan varian keju, negi, lada hitam, dan garlic.

Meramu Saus

Semua jenis katsu tersebut makin mantap ketika disantap dengan mencocolnya ke dalam saus yang Anda ramu sendiri dalam suribachi bowl. Mangkuk kecil ini, memiliki gerigi melingkar pada bagian dalamnya dan alu kecil. Anda cukup mencampur biji wijen dan saus yang memiliki rasa dan aroma buah yang manis segardalam suribachi bowl, lalu gerus dengan cara melingkar.

Katsudon dengan saus donburi.

Mille-feuille katsu tersebut juga bisa Anda pesan dalam saus donburi. Disajikan dengan hotplate dan beralaskan saus donburi telur, serta tumisan irisan bawang bombay. Harga untuk varian ayam adalah Rp 45 ribu untuk ala carte dan Rp 55 ribu untuk set (nasi, miso soup, dan acar). Sedangkan untuk varian daging sapi seharga Rp 60 ribu ala carte dan Rp 70 ribu set.

Katsu sandwich.

Satu lagi yang perlu Anda coba adalah katsu sandwich, yaitu ayam mille-feuille katsu yang diapit oleh potongan roti tawar. Disajikan dengan saus yang manis. Harganya sangat ramah di kantong, yaitu Rp 35 ribu. “Katsu sandwich ini sedang jadi makanan favorit orang-orang di Jepang,” ujar Regina, Marketing Kimukatsu.

Tempe katsu yang kriuk.

Menu-menu di sini memang sebagian besar merupakan adaptasi dari Kimukatsu di Jepang. Namun ada menu yang hanya ada di Indonesia, yaitu tempe katsu. Penggemar tempe sebaiknya jangan lewatkan makanan pembuka ini, apalagi harganya sangat murah, yaitu Rp 9 ribu saja. Tempe ini sangat kriuk ketika digigit. Bikin Anda tak mau berhenti mengunyahnya.

Mango rainbow cake.

Sebagai penutup, cicipi mango rainbow cake. Sponge cake berlapis warna-warni ini diberi topping pure mangga. Rasa manis segarnya mangga berpadu sempurna dengan sponge cake yang ringan. (YBI)

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Yudhanti

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments