16

Agar Pengajuan Paspor Online Lancar

Kantor imigrasi semakin memberikan kemudahan dalam pengajuan paspor. Salah satunya lewat internet, alias online. Sangat membantu, terutama bagi Anda yang setiap hari tak banyak memiliki waktu untuk antre sejak pagi.

Pengajuan lewat online juga berlaku bagi perpanjangan paspor. Ajukan minimal sebelum enam bulan sebelum masa berlaku paspor lama habis. Dengan demikian, keperluan mendadak keluar negeri tidak terhalang urusan paspor. Tetapi tidak berlaku untuk pengajuan paspor yang rusak atau hilang.

Cara online tidak bisa disamakan dengan e-paspor atau paspor elektronik. Yakni paspor yang didalamnya tertanam chip. Memuat data-data biometrik pemilik paspor. Online hanya opsi lain dari prosedur biasa. Sehingga ingin mendapat paspor biasa atau berjenis elektronik bisa lewat banyak cara.

Tentunya cara ini lebih disukai. Sebab hanya membutuhkan waktu singkat, pengajuan sudah terdaftar resmi. Langkah-langkah selanjutnya tinggal menunggu instruksi. Anda pun tetap bisa mengikuti rekam pembuatan paspor lewat ponsel. Hingga akhirnya jadi dan siap diambil atau meminta untuk diantar.

Buka aplikasi imigrasi

Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi Layanan Paspor Online. Jaringan yang dikembangkan oleh Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian Indonesia. Buat akun di sana dan isi data pribadi. Dalam satu akun, Anda bisa mendaftarkan lima orang. Anda sendiri, orang tua, suami atau istri, dan anak. Di luar itu tidak bisa diterima.

Isi data

Data tidak perlu di-scanned. Anda cukup mengetik lewat aplikasi. Di antaranya KTP, kartu keluarga, akta lahir, ijazah terakhir, buku nikah, dan paspor lama jika ada. Sedang bila ingin mengajukan paspor atas nama anak, KTP dan buku nikah mengikuti milik orang tua.

Selanjutnya, tetap siapkan semua berkas. Plus materai 6000 untuk tiap-tiap nama. Berkas akan diperiksa keasliannya di kantor imigrasi kelak.

Pilih lokasi kantor

Saat pendaftaran online, pilih kantor imigrasi mana yang Anda inginkan. Bisa lebih dekat dari rumah, kantor, atau tergantung kenyamanan. Ketika kantor yang Anda tuju menerima pengajuan, akan ada nomor antrian atau kode booking. Nomor yang juga menyebutkan jadwal kedatangan Anda harus datang ke kantor imigrasi. Tepatnya hari, tanggal, dan jamnya. Bila tidak datang, Anda baru dapat mendaftar online kembali setelah 30 hari.

Setiap hari rata-rata sebuah kantor imigrasi hanya melayani 200 pemohon. Karenanya bila sudah mencukupi kuota, pendaftar paspor akan disarankan mencari kantor yang lain.

Datang interview

Dan tibalah saat datang langsung ke kantor imigrasi. Pastikan datang sesuai jadwal lengkap dengan berkas-berkas yang dibutuhkan. Petugas akan memeriksa satu per satu dan memberikan sejumlah pertanyaan, alias interview. Tidak sulit, hanya seputar keperluan Anda mengurus paspor dan kepentingan di luar negeri. Setelah itu Anda akan diberikan lembar pengambilan paspor. Kecuali jika minta dikirim ke alamat tertentu.

Bayar dan ambil

Langkah terakhir tinggal membayar dan menunggu. Pembayaran bisa dilakukan di bank yang telah disebutkan oleh petugas imigrasi. Serta pengambilan sudah bisa dilakukan 4-5 hari sejak diajukan. Mudah kan? (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexel

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments