13

Mengenal Aki Beserta Jenisnya

Bagi mobil, aki adalah baterai utama. Sumber listrik satu-satunya. Keduanya saling tergantung satu sama lain. Mengerti dan memahami kondisinya tentu sangat menguntungkan.

Ia  merupakan penyimpan cadangan listrik bagi perangkat mobil. Menghubungkan arus setrum dalam bentuk kimiawi pada alat yang diminta. Tanpanya AC tak berfungsi, radio tak bersuara, lampu tak nyala, dan bahkan mobil tak akan mulai melaju. Tak ubahnya seperti ponsel yang habis baterai. Tidak banyak kegunaan sekalipun, berikut semua aplikasi yang ada di dalamnya.

Sebagai sumber listrik yang utama, aki tak boleh diperlakukan sembarangan. Aki juga tergantung pada bagaimana kondisi mobil dan pemiliknya. Semakin sering dirawat, tentu aki akan jarang diganti. Akan tetapi bila diabaikan, bukan saja mengakibatkan kerusakan pada aki, tetapi juga pada mesin mobil.

Aki basah

Aki basah adalah jenis aki yang paling banyak ditemui. Tersemat kata basah, karena di dalamnya terdapat cairan elektrolit atau air aki. Berupa asam sulfat yang mengandung timah antimoni. Air ini akan cepat habis sebagai imbas proses penguapan yang besar.

Dijual dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan jenis aki lain. Selain itu, hati-hati bila sampai air tumpah dan mengenai komponen mobil yang lain. Sifatnya merusak dan tentunya merugikan.

Aki kering

Aki kering disebut juga dengan maintenance free. Julukan yang diberikan mengingat aki kering tidak banyak membutuhkan perawatan. Meski dinamai kering, di dalamnya tetap terdapat cairan, yakni timah kalsium. Tidak mudah menguap, sehingga lebih awet. Cairan elektronitnya juga tidak mudah tumpah karena kemasannya disegel rapat. Saat cairannya sudah benar-benar habis, artinya Anda harus mengganti semua komponen aki.

Aki kalsium

Aki kalsium kurang populer, belum banyak dijual di sini. Harganya pun tergolong mahal. Sebab jenisnya berbeda dan kurang direkomendasikan oleh para produsen mobil. Pada kutub kemasannya, terbuat dari material kalsium yang memiliki daya penguapan sangat minim. Dengan kemampuan distribusi listrik yang sangat baik.

Aki hybrid

Sesuai namanya, hybrid, yang berarti perkawinan atau pencampuran. Aki ini perpaduan dari jenis aki biasa dan aki kalsium. Tingkat penguapan amat rendah dan kekuatannya sangat prima. Sayangnya masih langka, akibat harga jual yang dibanderol cukup tinggi. Selain itu hati-hati bila sampai kena cairan elektrolitnya. Berkarakter korosif yang bahaya pada kulit manusia dan piranti-piranti mobil.

Aki gel

Untuk yang satu ini, aki tidak lagi berisi cairan. Akan tetapi berupa gel. Oleh karenanya disebut sebagai aki modern dengan teknologi terkini. Hampir membebaskan pemilik mobil dari perawatan apapun. Pastinya membawa keuntungan. Namun sayang, harganya sangat mahal dan belum banyak beredar di pasaran dalam negeri.

Perawatan

Secanggih apapun aki yang Anda pakai, tetap perhatikan kaidah standar penggunaan. Semata-mata untuk menjaga stamina aki dan mobil secara bersamaan. Cabut kabelnya bila tidak menggunakan mobil dalam jangka lama, hindari menghidupkan mesin mobil dan radio atau lainnya bersamaan, cabut charger ponsel begitu usai digunakan, dan sebagainya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments