08

Daftar Wisata di Jalur Pantura

Jalur pantura memang tak biasa. Ia menyediakan jalur utama bagi para pelaju. Khususnya menjelang dan setelah hari raya. Hampir tiap kota yang dilewati menyimpan destinasi wisata. Menarik untuk dikunjungi, sekaligus hiburan asyik bagi keluarga.

Anda pun bisa memanfaatkannya sebagai spot rehat sejenak. Terlebih tampaknya tak mungkin terus menerus menelusuri, jalur sepanjang 1.316 kilometer ini, tanpa berhenti sama sekali. Panjang membentang dari Merak hingga Ketapang.

Karenanya, kantongi tempat-tempat yang menarik. Melakoni mudik atau saat arus balik sambil berwisata. Plus menemukan kuliner-kuliner langka yang otentik dari daerahnya.

Cirebon

Keramaian Cirebon tidak hanya terasa di jalan rayanya. Kota ini juga memiliki sederet tempat piknik yang rugi bila dilewati begitu saja. Ada wisata sejarah yang meliputi Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman. Ada pula makam Sunan Gunung Jati yang banyak didatangi para peziarah. Soal makanan, Cirebon memiliki empal gentong dan nasi jamblang yang tak perlu lagi diragukan kelezatannya.

Pekalongan

Pastinya Pekalongan cocok untuk pencinta batik. Ribuan toko siap memajang koleksinya dengan berbagai desain dan harga yang beraneka. Selain itu, Pekalongan menggenggam panorama alam yang permai. Di antaranya ada pantai Pasir Kencana, pantai Slamaran, curug (air terjun) Muncar, dan curug Bajing.

Semarang

Semarang juga terdaftar sebagai kota yang memiliki banyak aset berharga. Sebut saja, kawasan Kota Lama, Lawang Sewu, dan Gereja Blenduk. Tidak ketinggalan, Masjid Agung Jawa Tengah, dengan pilar-pilar tinggi yang apik tertata. Bila ingin berkuliner, datang saja ke Simpang Lima. Jenis makanan hasil akumulasi budaya mudah ditemui di sana. Salah satunya Lumpia. Berisi rebung muda dengan campuran udang atau bahan seafood lainnya.

Demak dan Kudus

Setelah dari Semarang, Anda akan berada di Demak dan Kudus. Keduanya berdampingan dengan kultur yang serupa. Di Demak, umumnya orang berkunjung ke Masjid Agung Demak dan makam Sunan Kalijaga. Serta api abadi Mrapen. Sedang di Kudus, Anda bisa menikmati Menara Kudus di depan Masjid Al Aqsha. Nikmati juga kuliner soto kudus dengan daging kerbau. Sengaja tidak menggunakan daging sapi, karena bentuk penghormatan pada pemeluk agama lainnya.

Tuban dan Lamongan

Wilayah Tuban dan Lamongan yang berimpitan, tampaknya saling melengkapi urusan wisata. Mereka mempunyai gua besar, yaitu Marahani dan Akbar yang sangat eksotik. Makam Sunan Drajat dan Sunan Bonang juga berada di sana. Coba cicipi dawet siwalan ditambah gula aren. Segarnya luar biasa.  

Surabaya

Di Surabaya, Anda akan menemukan tempat-tempat yang sedang hits. Taman Bungkul, monumen kapal selam, Suroboyo Carnival Park, dan lainnya. Kalau lapar, berbagai hidangan kuliner siap disantap. Harganya pun terkenal murah di kantong.

Banyuwangi

Sesampainya di Banyuwangi, rute Pantura paling akhir, dijamin Anda tak akan kehabisan daftar lokasi wisata. Untuk kategori alam, Anda bisa memilih Taman Nasional Baluran, kawah gunung Ijen, Jawatan Benculuk, dan masih banyak lagi. Sensasi biji kopinya pun menggoda. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments