07

Cek Kesehatan yang Perlu Dilakukan Usai Lebaran

Bukan rahasia lagi setelah Lebaran kadang muncul persoalan. Yakni sederet daftar penyakit yang mengendap di dalam tubuh. Akibat konsumsi ataupun gaya hidup yang tidak sehat. Segera cek kesehatan ketimbang penyakit tidak dikenali sejak awal.

Lantaran tubuh yang telah terbiasa berpuasa sebulan penuh, mendadak menerima berbagai asupan yang kadang berlebihan. Terlebih hidangan saat Lebaran sarat dengan kolesterol dan berkalori tinggi. Ditambah kandungan gula yang tidak kira-kira jumlahnya. Memang enak di lidah, tetapi berbahaya bagi organ-organ vital.

Sehingga tak mengherankan para pakar kesehatan terus menerus memberikan warning ketika Lebaran tiba. Tetap mengingat pentingnya nutrisi lewat buah dan sayur. Mengambil porsi makanan secukupnya saja. Dan tidak berlebihan mengambil kudapan yang sudah diketahui tinggi kalori, meski amat menggoda. Lengkap dengan peringatan agar senantiasa terus berolahraga ringan. Semata-mata sebagai upaya menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh usai merayakan Lebaran.

Kadar kolesterol

Cek kadar kolesterol Anda. Karena kadar yang terlalu tinggi dalam darah jelas tak bersahabat bagi jangka panjang kesehatan. Jumlah kolesterol yang masih bisa ditoleransi berada di angka kurang dari 200 mg/dL. Sedang bila ada di kisaran 200 mg/dL hingga 239 mg/dL sudah mulai masuk ke ambang batas aman. Angka selebihnya dikategorikan sebagai berkolesterol tinggi.

Jumlah gula darah

Sama halnya dengan kandungan gula darah yang bisa drastis naik. Perlahan tapi pasti bisa menarik diabetes mendekat. Angkanya bisa dipastikan oleh ahli medis. Namun Anda harus waspada dengan gejalanya. Seperti mudah lelah, mudah haus, sering buang air kecil, kulit kering, nafsu makan meningkat, dan sebagainya. Lebih baik antisipasi dari awal. Tepatnya mengonsumsi makanan bergula dengan bijak.

Ginjal

Perhatikan pula kesehatan ginjal. Minum-minuman manis yang banyak ditegak membawa pengaruh tidak baik pada kinerja ginjal. Begitu pula dengan bobot garam yang terdapat dalam makanan. Ginjal harus ekstra keras untuk mengolahnya. Lama kelamaan membuatnya lemah. Bila tidak maksimal, gula dan garam kembali terserap darah, masih terus beredar dalam tubuh. Tidak ikut terbuang bersama cairan.

Stamina jantung

Jangan ragu memeriksa jantung secara keseluruhan. Banyak yang tidak menyadari jantung bisa terserang kapan saja. Apalagi bila sebelumya, tubuh kurang beristirahat akibat kegiatan yang padat, stres, kolesterol yang tidak terukur, dan sebagainya. Pastikan jantung tetap stabil dan bekerja tanpa ada gangguan.

Mata

Bagian netra juga memerlukan perhatian Anda. Jangan anggap mata yang terasa lelah sebagai hal yang biasa. Otot-ototnya dapat menegang bila tidak segera tertangani. Seperti karena kurang istirahat dan terpapar polusi asap rokok atau kendaraan. Efeknya dapat mengubah mata terasa pedih, perih, dan terus berair. Mata juga tidak membantu menghasilkan konsentrasi yang baik.

Tingkat stres

Kenali stres yang Anda rasa setelah Lebaran. Walau tidak harus dicek pada pakarnya. Karena stres bisa meningkatkan tekanan darah. Dengan mengenali stres, Anda bisa menentukan jalan pemecahan terbaik. Contohnya, banyak stres yang terjadi karena pengeluaran yang besar selama Lebaran sedang kebutuhan tetap harus terpenuhi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments