04

Mengusir Bau dari dalam Rumah

Bau dari dalam rumah bisa sangat mengganggu. Apalagi bila Lebaran esok Anda akan kedatangan tamu. Supaya para penghuni tetap nyaman dan tidak mengurangi keindahan rumah itu sendiri, segera enyahkan bau tak sedap tersebut.

Bau bisa datang dari bermacam-macam sumber. Bau juga dapat menjadi indikasi banyaknya kuman atau sarang penyakit. Karenanya penting memperhatikan setiap pemicu. Pembersihan tidak hanya dilakukan di satu titik, melainkan menyeluruh dan sempurna. Bau yang tadinya hadir sebagai bentuk negatif, terganti dengan aroma yang lebih bisa diterima. Setidaknya netral atau bahkan lebih wangi.

Buka jendela

Awali dengan membuka semua jalur peredaran udara. Seperti jendela, ventilasi, maupun pintu. Terutama saat Anda melaksanakan aktivitas yang menghasilkan bau kuat. Memasak, mengecat dinding, dan sebagainya. Lewat jendela, bau akan tergiring keluar dan udara yang lebih segar berganti memasuki ruangan.

Buang sampah dan barang tidak terpakai

Selalu biasakan untuk segera membuang sampah dan barang-barang yang tidak terpakai. Khususnya sampah organik yang cenderung cepat membusuk dan menghasilkan bau tak sedap teramat kuat. Sedang barang-barang yang sudah tidak dipakai akan memproduksi bau apek. Bau-bau tadi amat rawan mendominasi udara di dalam rumah. Jika dibiarkan lama, akan diikuti kedatangan binatang liar dan berbagai bakteri mengendap didalamnya.

Pel lantai

Pel lantai secara rutin. Tambahkan cairan pel yang ampuh membersihkan bagian ubin atau keramik. Air dan cairan khusus yang diusapkan pada lantai akan menyerap bau yang bertebaran di udara. Mengikat pula kuman-kuman yang berada di permukaan keramik. Hasilnya, lantai yang wangi sangat membantu menciptakan rumah yang bersih dari bau tak enak.

Bersihkan kulkas

Siapa bilang bau kulkas tak bisa mengular keluar? Ia bisa tercium kuat bila ada aroma tajam dari kulkas yang tak terolah dengan benar. Letakkan bahan-bahan yang bisa mengatasi bau di dalam kulkas. Selain itu, segera singkirkan makanan yang memang merupakan biang keladi utama. Serta tak lupa, bersihkan bagian kulkas tanpa kecuali, lalu matikan sejenak. Hidupkan kembali bila dirasa bau sudah benar-benar lenyap.

Perhatikan kamar mandi

Perhatikan pula kebersihan kamar mandi dan toilet selama ini. Ruangan ini bisa memunculkan bau tak enak. Rumah pun jadi terkesan jorok. Bersihkan dengan bantuan bahan sabun, cairan, atau deterjen. Oles dan sikat kuat-kuat pada dinding, lantai, dan bodi toilet untuk menjaga kamar mandi tetap bersih dan wangi.

Bau pesing dari binatang

Waspada terhadap binatang yang ikut tinggal di dalam rumah. Bau pesing dari tubuh dan kotoran mereka, jelas menimbulkan bau menusuk. Untuk sementara, Anda bisa mengeluarkan binatang dari dalam rumah. Lalu menutup lokasi bau dengan bahan-bahan yang bisa membantu.

Gunakan bahan-bahan alami

Sedang pilihan bahan-bahan alami yang bisa menemani ada banyak sekali. Di antaranya ada lemon, baking soda, bubuk kayu manis, bubuk kopi, arang, campuran air dan cuka, dan masih banyak lagi. Sebarkan atau cukup meletakkannya pada posisi yang berbau, lalu tunggu hingga bau tak enak pergi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments