01

Berbagai Jenis Opor Ayam Nusantara

Seiring dengan peleburan budaya daerah setempat, opor ayam menjadi bervariasi. Beradaptasi dengan lidah masyarakat setempat. Masing-masing memiliki bumbu yang sedikit berbeda, yang tentu saja makin menambah lezat.

Menu yang satu ini memang bisa dibuat kapan saja. Namun saat Lebaran, opor ayam bisa jadi terasa istimewa. Hampir di setiap meja makan, opor ayam bersama ketupat dan sambal goreng hati terhidang di meja makan keluarga. Masing-masing keluarga umumnya memiliki resep andalan opor ayam.

Pada dasarnya, bumbu opor adalah serai dan kencur, serta tentu saja dimasak bersama santan. Yang membuat opor menjadi bervariasi adalah tambahan bumbu atau perbedaan cara memasaknya. Inilah beberapa jenis opor ayam yang sering dihidangkan di Indonesia.

Opor ayam putih. Meski warnanya pucat, namun bila diolah dengan tepat, opor ayam ini bisa membuat ketagihan. Bumbu yang digunakan umumnya bawang putih, jintan, ketumbar, kemiri, bawang merah, dan jahe.

Konon, opor ayam putih ini digandrungi para wanita keturunan Tionghoa. Salah satu resep opor ayam putih yang terkenal adalah opor ayam putih dari Banjarmasin.

Opor ayam kuning. Inilah opor ayam yang jamak disajikan saat Lebaran. Umumnya, masyarakat di daerah Jawa menyukai opor ayam jenis ini, karena warna kuningnya membuat hidangan lebih cantik dan sebagai simbol kemenangan. Resepnya hampir sama dengan opor ayam putih, hanya ditambahkan kunyit untuk memperkuat rasa. Selain itu sering pula ditambahkan telur rebus, tempe, dan tahu ke dalam kuah opor.

Opor ayam pedas. Bagi masyarakat yang menyukai hidangan serba pedas, opor ayam jenis ini jadi pilihan. Cukup ditambahkan gilingan cabai merah ke dalam bumbu racikannya. Opor ayam jenis ini penampakannya mirip dengan gulai.

Opor ayam bakar. Salah satu hidangan opor ayam bakar yang terkenal adalah opor bakar kudus atau opor bakar sunggingan, karena merupakan kreasi penduduk Gampong Sunggingan, Kabupaten Kudus. Cara memasaknya cukup unik, yaitu ayam utuh direbus dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan dan diisi ke dalam rongga perut ayam. Setelah masak, ayam ditiriskan dan dibakar di atas bara api hingga bagian luarnya gosong.

Air sisa rebusan ditambah santan kental dan dimasak lagi hingga airnya sedikit menguap. Kuah opor akan menjadi seperti areh. Kuah ini kemudian disiram ke atas potongan daging ayam bakar tadi. Aroma ayam yang dibakar menambah nikmat opor ayam ini.

Opor ayam kering. Meski tak berlimpah kuah, opor ayam ini tak kalah nikmat. Mungkin karena ayam dimasak dengan cara diungkep, sehingga bumbunya benar-benar meresap ke setiap serat dan daging ayam. Resepnya mirip dengan resep opor ayam, hanya perbandingan takaran santannya yang berbeda.

Opor ayam tanpa santan. Siapa bilang, opor ayam harus dimasak menggunakan santan. Di beberapa wilayah, ada masyarakat yang mengolah opor ayam tanpa santan. Bumbu rempahnya mirip dengan opor ayam biasa, hanya jumlah kemirinya lebih banyak sehingga berwarna keruh. Sebagai pengganti santan digunakan kaldu ayam.

Itulah beberapa jenis opor ayam. Siapa tahu Anda ingin mencoba opor ayam yang berbeda untuk Lebaran tahun ini. (YBI)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments