27

Agar Tak Terasing di Perusahaan Asing

Adaptasi perlu dilakukan di mana saja. Termasuk saat kita bekerja di perusahaan asing. Walau letaknya masih di negara sendiri. Karena adaptasi akan menuntun diri supaya tak terasing terhadap lingkungan kerja.

Selain terasing, adaptasi mampu mengatasi rasa canggung dalam berinteraksi dengan sesama. Dengan rekan-rekan maupun dengan atasan. Tentu saja ketika berhasil, adaptasi memberikan efek yang positif. Yakni karier yang cemerlang. Akibat tidak ada lagi beban yang membayang-bayangi saat menuntaskan kewajiban tugas.

Apalagi rekan-rekan bisa datang dari berbagai kultur. Ragam negara dengan segala kompleksitasnya. Terlihat langsung dari karakter mereka, dan terasa dalam setiap sikap serta tutur katanya. Mungkin adakalanya tak menimbulkan masalah, akan tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi gesekan. Konflik horizontal yang tidak bisa dianggap sepele dalam relasi profesional.

Sebab ke depan yang akan menanggung kerugian perusahaan jua. Begitu pula dengan Anda pribadi. Mesti berpikir ulang untuk terus bertahan atau segera mengundurkan diri. Sebab tidak bisa beradaptasi mengikuti alur yang menjadi budaya.

Lakukan adaptasi sebaik mungkin. Rugi bila cepat menyerah. Terlebih bila untuk mendapat posisi di perusahaan tersebut dicapai dengan susah payah.

Positif merespon perbedaan

Perbedaan tak bisa dihindari. Mau tak mau karena terlibat dan berkecimpung langsung, perbedaan harus diterima. Namun terima semua itu dengan positif. Dalam satu sisi sebagai media belajar dan memperoleh pengetahuan. Di sisi lain sebagai toleransi.

Toh Anda tidak diharuskan untuk berperilaku yang sama. Tetapi lebih tepatnya bersikap menghormati. Memetik dari yang baik-baik, dan membuang yang buruk-buruk.

Siap menerima tantangan

Hadapi segala tantangan. Terutama perubahan dinamika yang sebelumnya tidak Anda alami. Dinamika yang menyangkut urusan kerja dan tata krama sosial di kantor. Jangan buru-buru menyerah ketika atasan memberikan jenis tugas yang baru.

Tidak sedikit perusahaan asing memberikan penilaian dari jerih payah para karyawannya. Tidak semata-mata berdasar hasilnya. Apresiasi diberikan pada mereka yang berhasil mengatasi tantangan dengan sebaik-baiknya.

Fleksibel dalam pergaulan kantor

Berusahalah menjadi pribadi yang terbuka dan supel. Membaur bersama rekan-rekan. Bersatu sebagai team work yang solid. Ringan tangan memberikan bantuan saat ada yang membutuhkan pertolongan. Serta meluangkan waktu sejenak untuk sekedar hangout dan mengakrabkan diri dengan yang lain. Siapa tahu dengan sedikit bercengkerama, ikatan humanis antara pekerja asing bisa terjalin kuat.

Memenuhi kewajiban

Adaptasi juga perlu Anda terapkan terhadap kewajiban selama bergabung di sana. Khususnya aturan kantor yang seringkali menuntut kedisiplinan tinggi, deadline sesuai jadwal, keseriusan bekerja, memenuhi target, dan siaga. Profesional selalu mengiringi kapan saja. Sekali Anda menyumbangkan dampak kerugian tanpa alasan yang jelas, perusahaan akan langsung memberi label negatif.

Komunikatif

Usir ragu dan takut dengan menjalin komunikasi yang baik. Ketika Anda dihadapkan pada kebingungan, tidak tahu, bahkan tidak mengerti istilah-istilah asing dalam percakapan. Perusahaan asing cenderung menaruh empati pada yang mau belajar untuk tahu. Ketimbang diam tetapi hasil akhir tidak memuaskan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments