24

6 Cara Ampuh Usir Kantuk Saat Puasa

Kantuk saat puasa adalah tantangan yang berat. Biasanya ditangani dengan kopi saat sahur tiba. Tapi terlalu banyak kafein bagi tubuh juga tak sehat. Jadi, cari cara lain untuk mengusir kantuk selama puasa.

Walau sebenarnya mengantuk saat berpuasa merupakan hal yang wajar. Jam tidur terpotong oleh persiapan waktu sahur dan ibadah pada malam hari. Juga berkurangnya asupan makanan dan minuman selama berjam-jam membuat tubuh jadi lemas. Pada akhirnya kantuk jadi tak terhindarkan. Terutama pagi setelah sahur dan siang. Mata rasanya ingin terus terpejam dan dilanda malas melakukan berbagai kegiatan.

Tentu bagi yang tidak mempunyai agenda khusus tak masalah. Mengantuk bisa diatasi dengan tidur. Tetapi bagi yang masih memiliki jam kerja tentu jadi masalah besar. Fokus tak optimal, target pun bisa-bisa tak tergapai.

  1. Temukan aktivitas fisik

Di rumah atau di kantor, upayakan untuk terus menemukan aktivitas fisik. Sebab dengan membuat tubuh bergerak, otak pun terangsang terus bekerja. Anda bisa mengawali dengan olahraga ringan setelah sahur, dilanjutkan dengan sedikit membersihkan rumah, mengerjakan hobi, berbelanja, atau lainnya. Temukan sesuatu yang Anda suka, dan isi hari-hari puasa dengan agenda yang menarik.

  1. Istirahat sejenak saat siang

Bila sudah tak tertahankan lagi, ambil beberapa saat untuk tidur siang. Cukup selama 15 hingga 25 menit saja. Tempo ini disarankan oleh para ahli bagi yang sedang berpuasa. Sebab lebih dari itu atau sampai menyentuh berjam-jam lamanya akan membuat tubuh semakin lesu dan tak giat.

  1. Tidur lebih awal pada malam

Di samping itu, akali dengan tidur lebih awal. Tutup segera semua agenda begitu usai. Tak perlu begadang yang membuat jam tidur semakin pendek. Mengingat tak lama mata terlelap Anda harus bangun kembali dan menyantap menu sahur. Jam tidur yang berkualitas sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidur membantu kelancaran proses metabolisme dan stamina. Tubuh tanpa masukan makanan dan cairan bukan masalah lagi.

  1. Mengobrol

Usir kantuk dengan mengobrol. Interaksi yang menggugah otak ikut bekerja dengan menggerakkan berbagai saraf untuk segera memberi respon. Pikiran pun turut aktif karena adanya permintaan. Anda dan teman di samping bisa mengambil topik yang menarik. Atau bersama-sama mengerjakan sesuatu yang menyenangkan. Pencegahan yang mujarab sebab seringkali kantuk datang karena berada dalam kesendirian.

  1. Ganti pemandangan mata

Ganti pemandangan mata setelah sekian lama. Pilih yang enak dilihat dan tidak monoton lagi. Segera beranjak dan keluar ruangan, misalnya. Jangan terpaku terus menerus pada layar komputer, ponsel, buku, dan sebagainya. Ganti dengan yang bernuansa terbalik 180 derajat. Semata-mata untuk mengusir rasa bosan dan ngantuk. Mata jernih pun siap kembali pada rutinitas.

  1. Cuci muka

Di sisi lain, gunakan air sebagai media bantuan. Cuci muka begitu kantuk melanda. Atau sekalian melakukan wudhu, yang mana banyak bagian tubuh akan terkena air. Fisik terasa lebih segar. Tidak hanya pada bagian muka, melainkan juga pada tangan dan kaki. Sentuhan air efektif membangkitkan semangat dan konsentrasi terbangun lagi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEBINTARO.KULINER

Comments

comments