22

Permainan Seru Menunggu Buka Puasa

Waktu berbuka bagi anak-anak kerap ditunggu-tunggu. Kadang dirasa teramat lama dan tak tahu harus bagaimana. Daripada bosan, ada baiknya orang tua menyediakan permainan.

Cara ini bisa bermanfaat untuk mengisi waktu. Apalagi bagi yang sering menanyakan kapan waktu berbuka tiba. Anak tidak termenung dan terdiam lama hanya menunggu di meja makan. Bulan puasa bisa dinikmati dengan ngabuburit sehat. Mengisi waktu sekaligus sejenak melupakan lapar dan dahaga yang sedang dirasa.

Tapi jangan memberikan permainan yang asal. Semacam game online atau memberikan gawai. Demi membuat mereka diam dan menikmati waktunya sendirian. Padahal gadget bisa membuat mata lelah dan konsentrasi berkurang drastis. Di mana akhirnya tubuh semakin lemas dan tak bisa aktif. Puasa bisa semakin tampak lesu.

Berikan permainan yang bisa dijalankan secara aktif. Meminta anak untuk bergerak dan terlibat langsung. Tetapi tidak terlalu menyita tenaga. Ada pula manfaat yang bisa dipetik. Selesai bermain, anak tetap gembira dan siap menyongsong buka puasa dengan kepuasan tersendiri.

Permainan tradisional

Ajak untuk bergiat dalam permainan tradisional. Sekaligus bisa menjadi alternatif agar anak tidak kecanduan ponsel pintar. Permainan seperti congklak, bola bekel, karet gelang, bola kasti, dan sebagainya. Bisa dimainkan oleh dua orang atau lebih. Seru dan menantang. Masing-masing unjuk kebolehan lewat adu ketangkasan.

Ular tangga, puzzle, dan lainnya

Ada pula yang lain. Dapat dilakukan sendirian atau dalam tim. Misalnya ular tangga, ludo, halma, catur, dan masih banyak lagi. Anak-anak juga akan tertarik dengan menyusun puzzle, miniatur bangunan, lego, atau lainnya. Pemenang ditentukan oleh siapa yang tercepat bisa menyelesaikan.

Buku atau bermain peran

Bagi yang suka membaca, buku bisa menjadi jawaban yang tepat. Terlena oleh isi jalan cerita, dan lupa jika sedang puasa. Plus memperoleh ide dan inspirasi. Atau pilihan lainnya adalah mengajak anak bermain peran. Mungkin berdasarkan cerita buku atau hasil karangan sendiri.

Lomba kebersihan

Waktu menunggu juga bisa diubah sebagai ajang lomba kebersihan. Kamuflase berfaedah agar anak tak melulu menunggu waktu berbuka. Contohnya mengajak anak membersihkan halaman, meja makan, mainan, kamar tidurnya, atau mencuci piring. Hasil lomba dapat dirasakan oleh semua anggota keluarga. Hadiahnya nanti bisa berupa hidangan istimewa atau makanan kesukaan anak.

Bersepeda

Bersepeda dapat menjadi opsi lain. Termasuk jenis permainan olahraga yang bisa Anda tawarkan pada anak-anak. Asal tidak terlalu menguras tenaganya, bersepeda bisa menjadi asyik dan menyenangkan. Cukup dilakukan pada waktu sore hari, berkeliling di sekitar lingkungan rumah, dan sembari mencari menu berbuka. Di samping sebagai pengganti gerak fisik yang umumya jarang dilakukan selama berpuasa.

Menonton televisi

Persilahkan saja anak untuk menonton televisi. Namun anjurkan pada tayangan yang mendidik. Banyak siaran televisi yang siarannya mengandung edukasi selama bulan puasa. Misalnya pengajian yang ditujukan pada anak-anak dan kartun bernuansa Islami. Orang tua pun bisa bergabung. Jadi tetap bermanfaat dan terkontrol. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEBINTARO.KULINER

Comments

comments