Tim EBIN.

Sembilan Kopi Sejuta Kebersamaan

Ramuan kopi yang tepat plus makanan yang lezat menjadi pelengkap kebersamaan keluarga Etalase Bintaro pada acara buka bersama, Jumat (17/5). Menu-menu khas Medan di Coffeenine menjadi pilihan, karena rasa nusantara ini sesuai dengan semua lidah.

“Coffeenine artinya sembilan kopi arabica,” jelas Andy Tambunan, pemilik kedai Coffeenine yang berasal dari Medan. Kedai dua lantai yang terletak di ruko sektor 3A, depan Bintaro Plaza ini memang memiliki sembilan jenis kopi arabica dari berbagai wilayah di Indonesia. Kesembilan kopi tersebut, yaitu arabica timor leste, arabica gayo, arabica dampit, arabica toba samosir district, arabica sidikalang, arabica lintong, arabica toraja mamasa, arabica flores bajawa, dan arabica papua dogiyai.

Berbagai biji kopi.

Penikmat kopi pasti akan sangat suka menyesap kopi di sini. Tim EBIN pun asyik berlama-lama mengobrol di sini sambil menyesap segelas kopi.

Alat mengolah biji kopi.

Segelas espresso coffeenine, seharga Rp 18 ribu, memang nikmat dan aman untuk perut. Ini karena espresso di sini merupakan perpaduan antara 60% gayo robusta, 20% flores bajawa arabica, 20% samosir arabica. “Kami mengolah sendiri biji kopinya,” terang Andy.

Makanan Medan

Mie gomak.

Sebelum mengobrol sambil menyesap kopi, tim EBIN berbuka puasa dengan aneka hidangan khas Medan. Salah satu menu yang mendapat acungan jempol adalah mie gomak. Rempah andaliman sangat dominan setiap menyuap mie besar yang bercampur dengan sawi, udang, cumi, dan baso dan diberi kuah kental. Rasa pedasnya menggigit lidah, namun tak membuat perut panas. Andaliman adalah bumbu rempah khas Medan berbentuk seperti merica, dan digunakan pada aneka masakan, terutama mie gomak. Mie yang bikin ketagihan ini dihargai Rp 30 ribu.

Lontong sayur medan.

Lontong sayur medan juga mencuri perhatian. Isi dalam mangkuk sangat lengkap, ada lontong, mie, tempe, labu siam, kacang panjang, telur, juga petai. Kuah santannya terbumbui dengan sempurna. Untuk menikmatinya cukup dengan membayar Rp 25 ribu.

Kwetiau seafood medan.

Makanan lain yang juga tak kalah lezat adalah kwetiau medan, tersedia berbagai pilihan topping, seafood, ayam, sapi, polos, atau telur. Selain itu juga ada sapo tahu medan, nasi goreng medan, dan masih banyak lagi.

Selama bulan puasa ini, Coffeenine juga memberikan komplimen berupa kolak pisang dan labu untuk berbuka puasa. Kolak medan ini rasanya khas, rempah kayu manis dan bunga lawang samar menyapa indera pengecap. Tersedia juga ruang meeting atau ruang buka puasa bersama. (YBI)

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Yudhanti Budi

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEBINTARO.KULINER

Comments

comments