05

Jalan Sendiri Versus Agen Wisata

Agen wisata memang ada gunanya. Tapi kadang menjadi ragu menggunakan jasanya atau memilih jalan sendiri. Masing-masing punya plus dan minus. Faktor yang berpengaruh nyata pada kenyamanan selama menjalani liburan.

Sebagai contoh. Saat berwisata sendiri, Anda bebas menentukan segala sesuatunya sendiri. Dari teman sampai lokasi tujuan. Sedang bila tergabung dalam paket wisata, Anda mesti tunduk pada aturan yang dibuat oleh agen. Termasuk harus menerima siapa saja teman di perjalanan nanti. Orang yang baru ditemui, harus bersama sekian lama, dan belum tentu asyik layaknya teman sendiri.

Namun tidak semua yang ada dalam agen travel selalu negatif. Terkadang dari beberapa sisi justru lebih unggul ketimbang mengadakan wisata mandiri. Karenanya pertimbangkan masak-masak sebelum memutuskan memakainya jasanya. Atau tetap menuju lokasi berbekal pengetahuan dan informasi dari internet, misalnya. Pilih sesuai dengan kondisi, situasi, dan risiko yang seminim mungkin ingin diantisipasi.

Biaya akomodasi

Sendiri atau tergabung dalam agen sama-sama membutuhkan biaya akomodasi. Kadang kita menilai bahwa biaya wisaya dapat ditekan bila diadakan sendiri. Seperti dengan berburu tiket promo, wisata di low season, mengambil kursi kelas ekonomi, dan sebagainya.

Tetapi jangan salah. Agen travel juga bisa menyediakan harga jauh lebih murah. Mereka bisa menyediakan potongan harga dua kali lebih besar karena koneksi dengan pihak pesawat dan hotel. Bahkan mereka tahu celah kapan wisata sebaiknya dilakukan agar Anda dapat harga rendah.

Pengalaman

Pertimbangkan juga faktor pengalaman. Tak masalah mengambil keputusan menjalani wisata oleh upaya sendiri meski tanpa pengalaman yang memadai. Wajar jika kadang ingin menaklukkan setiap tantangan yang ditemui nanti.

Namun adakalanya tak bisa mengabaikan minimnya pengalaman. Sebab di sisi lain, Anda juga berharap wisata tanpa gangguan. Semuanya berjalan lancar sesuai rencana awal. Dan, hal ini dapat diatasi oleh agen travel. Dari menjawab kebutuhan paket wisata yang Anda inginkan, sampai menyediakan akomodasi berbiaya murah namun tetap nyaman.   

Peserta wisata

Berikutnya adalah peserta wisata. Siapa saja yang ada dalam rombongan Anda. Sendiri atau beramai-ramai dengan anggota keluarga besar. Ada anak-anak yang masih balita. Ada pula para orang tua yang membutuhkan perhatian ekstra. Meminta kerjasama agen travel mungkin menjadi jawaban yang sangat tepat. Mengingat kemampuan mereka memenuhi kebutuhan setiap konsumennya selama wisata berlangsung.

Tanggung jawab

Menjalani wisata mandiri artinya siap menanggung risiko sendiri. Tetapi tidak demikian bila ada dalam tangan agen travel. Hampir risiko di perjalanan wisata, yang tidak disengaja, wajib diselesaikan oleh agen. Misalnya pesawat yang tertunda, pesanan hotel yang tidak beres, izin visa, sampai mengurusi barang-barang yang hilang. Jadi enak yang mana?

Pengaturan waktu

Sedang pengaturan waktu, mutlak menjadi kebebasan Anda bila memang berwisata sendiri. Waktu keberangkatan, lama istirahat, durasi jam untuk tiap lokasi, mengubah spot kunjungan, dan sebagainya. Sebaliknya, Anda harus mengikuti jadwal yang sudah disusun oleh agen jika pergi bersama mereka. Demi kepentingan Anda, juga kepentingan orang lain yang bergabung paket wisata. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEBINTARO.KULINER

Comments

comments