28

Nikmatnya Berwisata Naik Kereta

Berwisata sambil berkereta memang tiada duanya. Seolah-olah naik kereta itu sudah menjadi rangkaian liburan sendiri. Nikmatnya pun tak bisa dijabarkan dengan kata-kata yang sederhana.

Banyak yang menyukai kereta dengan beragam alasan. Terkadang sengaja memakainya sebagai moda menuju lokasi wisata. Terkadang menyengajakan diri hanya naik kereta untuk menikmati suasananya. Bahkan ada pula yang selalu menggunakan kereta karena histori kereta yang begitu melegenda. Bepergian terasa kurang tanpa naik kereta.

Karenanya tidak mengherankan bila pihak penyelenggara kereta memasang layanan yang istimewa. Dari kursi yang bisa didapat satuan. Maupun sewa satu gerbong, atau yang dikenal dengan kereta wisata. Lengkap dengan berbagai fasilitas luks bagi kurang lebih 20 orang. Perjalanan berjam-jam tidak akan terasa. Sebab di dalamnya Anda terhibur dan dijamin sangat nyaman. Apalagi bila perginya bersama orang-orang tercinta.

Tergaransi keamanannya

Kereta sangat dikenal keamanananya. Semua sudah diperhitungkan dan selalu dipantau oleh petugas. Kecepatan, rute, jarak antar kereta, dan sebagainya. Akibatnya, angka kecelakaan sangat kecil bila dibandingkan dengan moda transportasi darat yang lain. Taruhlah seperti motor dan mobil.

Saat berada di dalamnya pun hati lebih tenang. Tidak was-was dengan kendaraan lain yang lalu lalang, sebab tersedia jalur khusus yang disebut rel.

Nyaman

Dari tahun ke tahun, kereta semakin mempercantik diri. Mulai pelayanan, pembelian tiket, sarana, hingga makanan tersedia dengan baik.

Selain itu kenyamanan juga dirasa pada tubuh. Lajunya jarang membuat tubuh mual hingga memicu muntah-muntah. Tidak ada jetlag atau ketegangan seperti naik pesawat. Hampir tidak menimbulkan ketakutan bagi penumpang. Faktor yang sangat diperhitungkan bagi para calon penumpang.

Tepat waktu tanpa ada macet

Ia pun selalu berupaya tepat waktu. Berangkat sesuai jam yang tertulis di tiket. Sampai di tujuan hampir pasti sama dengan jadwal semula. Ditambah jalur khususnya semakin menambah kenyamanan. Penumpang tidak dihadapkan pada macet atau situasi hiruk pikuk yang biasa terjadi di jalanan aspal.

Bebas

Kereta api lebih membebaskan penumpangnya. Sebagai contoh, saat duduk tidak ada aturan khusus. Penumpang bisa duduk rileks atau berbaring. Bila sedang bosan, penumpang dipersilahkan jalan-jalan melalui lorong dari satu gerbong ke gerbong lainnya. Tersedia gerbong restorasi yang dikonsep bak restoran. Namun tetap perhatikan agar kebebasan yang berlaku tidak mengganggu hak penumpang lainnya.

Pemandangan beraneka

Pemandangan di luar kereta sangat beraneka. Tidak monoton seperti dari jendela pesawat yang hanya tertutup awan. Kereta memberikan peluang Anda menikmati hamparan sawah yang dihias oleh binatang ternak dan segala pernak-perniknya. Plus sungai yang jernih dilatarbelakangi oleh gunung yang masih hijau. Pemandangan yang sangat berharga, terutama bagi Anda yang tinggal di daerah kota.

Harga tiket stabil dan lebih murah

Iming-iming menarik lainnya adalah harga tiket yang stabil dan lebih murah. Sehingga anggaran jalan-jalan dapat dihemat. Meski ada kenaikan, tidak terlalu fantastis angkanya. Maka tak heran pada hari-hari libur besar, begitu penjualan dibuka, tiket langsung ludes. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEBINTARO.KULINER

Comments

comments