26

Skin Care Dasar yang Dibutuhkan Pria

Perawatan tubuh dan wajah bukan mutlak milik kaum hawa. Laki-laki juga membutuhkannya. Minimal mendapat sentuhan dari produk dasar perawatan kulit setiap hari.

Apalagi kulit pria, sering tidak disadari, cenderung berpori-pori lebih besar. Menghasilkan keringat lebih banyak dan berpotensi mengundang kuman. Jerawat atau muka yang kusam terlihat sebagai pemandangan yang umum. Ditambah aktivitas mereka lebih banyak dilakukan di outdoor.

Tak ayal, seolah wajar bagi mereka mengabaikan urusan perawatan. Sebaliknya, para lelaki yang menyukai rangkaian perawatan dianggap sebagai pribadi yang unik dan bahkan diragukan maskulinitasnya. Padahal perawatan kulit tidak hanya menyentuh unsur kecantikan, namun juga merambah pada kesehatan. Utamanya kesehatan kulit, yang tentunya bila terjaga akan mendatangkan kebaikan pula pada tubuh mereka.

Karenanya tak perlu malu memakai produk perawatan kulit. Sekarang ini sudah banyak produk-produk yang tersedia khusus bagi kaum pria. Tinggal menyesuaikan dengan jenis kulit dan harga yang cocok di kantong.

Facial wash

Apapun aktivitasnya, wajah para pria juga perlu dicuci rutin setiap hari. Cukup dua kali sehari. Bersamaan dengan waktu mandi atau setelah kegiatan tertentu yang sekiranya membuat wajah menjadi kotor.

Namun hindari sabun biasa. Ph yang terkandung sangat basa sehingga cepat mengeringkan kulit. Pilih facial wash yang ramah pada kulit Anda.

Toner

Setelah wajah dibersihkan, Anda dapat melengkapi perawatan dengan toner. Penyegar yang membuat muka tampak lebih fresh dan bersih. Di samping untuk menyeimbangkan pH wajah. Toner juga sangat cocok untuk kulit wajah yang berminyak.

Scrub wajah

Begitupun halnya dengan scrub. Produk eksfoliasi ini akan membantu menyingkirkan sel-sel mati yang tidak segera pergi. Scrub juga  mencegah rambut jenggot tumbuh ke dalam. Khususnya bagi yang berambut ikal. Cukup gunakan maksimal dua kali seminggu. Bila tidak cocok dengan produk yang beredar di pasaran, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami.

Alat cukur dan krim pelembapnya

Pada dasarnya alat cukur dan krim pelembap menjadi bagian tak terpisahkan. Akan tetapi adakalanya krim tidak dioleskan karena dinilai tidak urgen. Beard balm sesungguhnya efektif menghaluskan permukaan kulit dan rambut seusai dicukur. Serta mengatasi radang akibat gesekan mata pisau cukur yang sering tidak dirasa. Jangan kesampingkan jenis krim ini agar semua area wajah ikut terawat sempurna.

Pelembap 

Demikian pula dengan pelembap. Proteksi nyata pada kulit dari garis-garis halus dan kekeringan. Ia menjadi benteng agar kulit senantiasa terasa kenyal dan cerah dilihat. Oleskan pada wajah dan bagian lainnya setelah mandi. Seperti tangan dan kaki. Sempatkan sejenak memakainya sebelum keluar rumah setiap saat.

Sun protection

Tidak terkecuali untuk sun protection. Krim ini akan menjauhkan kulit dari rasa terbakar. Aplikasikan pada wajah, leher, tengkuk, telinga, tangan, dan bagian yang lain. Paling bagus yang tahan air dengan SPF minimal 30. Bawa cadangan apabila Anda akan berada di bawah naungan sinar matahari cukup lama. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEBINTARO.KULINER

Comments

comments