24

Desain Pesta Ultah Anak yang Berkesan

Desain pesta ulang tahun bagi anak sangat beragam. Tetapi tentunya harus tetap menarik dan berkesan. Tidak hanya pada konsepnya, tapi juga pada suasana dan jalannya acara.

Walau yang merancang semua adalah orang tua atau orang yang lebih dewasa, tetap saja acara sepenuhnya ditujukan untuk si kecil. Anak menjadi tuan rumah dan tamu utama. Jadi, buat acara yang menarik dari sudut pandang dan kebutuhan mereka seutuhnya.

Tema yang sesuai dunia anak

Pilih tema yang sesuai dengan dunianya. Misalnya dengan mengusung ikon tokoh kartun tertentu, natural, musik, edukasi, dan sebagainya. Jika tidak, jatuhkan pada pilihan yang netral. Saat tiba, anak langsung mengenali dan merasa nyaman. Tidak terasing dengan pemandangan di depannya.

Lagu, musik, dan isi acara bersahabat

Begitu pula dengan pemilihan lagu, musik, dan isi acara. Sesuaikan semuanya berdasar umur anak. Tidak didominasi selera orang dewasa. Sehingga anak tidak serasa diracuni oleh konten yang belum perlu dikonsumsi. Pertimbangkan juga untuk meniadakan sambutan resmi, bila sekiranya akan membosankan anak-anak.

Waktu pas dan lokasi terjangkau

Ambil hari dan jam yang pas. Misalnya pagi menjelang siang, bukan di jam-jam istirahat. Sedang lokasi acara tidak terlalu merepotkan untuk dijangkau. Baik di rumah dan tempat lain yang tidak menyita tenaga.

Tidak terlalu lama

Acara cukup berlangsung singkat saja. Rangkaian pesta bisa terdiri dari potong kue, bernyanyi bersama-sama, dan menyaksikan atraksi, jika ada. Hal ini guna menghindari kebosanan, di mana memicu anak menjadi rewel. Pesta tak lagi ceria, tapi berubah jadi ajang teriakan dan ulah anak yang bermacam-macam.

Makanan yang sehat

Sajikan makanan dan bingkisan yang sehat. Biasanya anak-anak memang tak menyukai buah dan sayuran. Tapi bukan berarti tidak bisa kompromi. Anda bisa mengakali dengan mengemasnya semenarik mungkin. Sekaligus menghindari alergi yang kemungkinan bisa ditimbulkan dari menu pesta. Pastinya tak ingin kan tamu undangan menjadi sakit pasca menghadiri perayaan ulang tahun anak Anda?

Goodie bag yang menarik

Anak-anak selalu menunggu goodie bag untuk dibawa pulang. Tentengan yang isinya bisa menjadi kenangan. Apalagi jika isinya sedang hits di kalangan mereka dan dapat disimpan lama. Tetapi ingat, isinya tak harus mahal. Beberapa bungkus makanan terkadang sudah bisa memuaskan hati mereka.

Playground atau tempat istirahat

Meski tidak mutlak ada, akan sangat berguna bila Anda menyediakan playground atau tempat istirahat. Spot yang bisa difungsikan sebagai tempat bermain. Di sisi lain juga bermanfaat untuk mengungsi sejenak. Terutama bagi anak-anak yang cenderung sulit beradaptasi dengan keramaian. Atau tempat pelarian begitu mendapati anak terjebak emosi yang tak menentu.

Ruang bagi pendamping

Sedang bagi orang dewasa yang ikut datang mendampingi, selain hidangan lengkap, Anda juga bisa menyediakan ruang khusus. Alias ruang tunggu. Terpisah namun tetap dapat ikut menikmati dan mengawasi anak-anaknya. Bebas mengobrol dan berinteraksi layaknya sedang berpesta pula. Jadi, anak-anak juga tidak terganggu dengan kebisingan dan gangguan dari para orang dewasa. (LAF) 

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEBINTARO.KULINER

Comments

comments