21

Pekerjaan Perempuan yang Luar Biasa di Sekitar Kita

Hari Kartini setiap tahun selalu ramai dirayakan. Selebrasi untuk mengenang sosok Raden Ajeng Kartini. Juga untuk merayakan titik awal perjuangan emansipasi yang sekarang ini bisa dinikmati oleh kaum perempuan. Hingga bisa melakukan berbagai aktivitas dan memiliki profesi yang beragam.

Bahkan sebagian memegang jabatan yang mengagumkan. Tidak lagi terkungkung oleh aturan adat yang mengekang atau hanya dapat menempuh jenjang pendidikan formal yang rendah. Karena perjuangan Kartini, para perempuan kini bebas merintis karier yang ia suka, sekolah setinggi-tingginya, memiliki hak berpolitik, dan sebagainya. Sebagian bahkan menyumbangkan secara riil tenaga dan pemikirannya pada kemajuan bangsa ini.

Pemegang konstruksi proyek besar

Siapa yang menyangka bahwa proyek besar juga bisa dipimpin oleh perempuan. Seperti konstruksi infrastuktur moda transportasi, jalan tol, bangunan tinggi, dan sebagainya. Dari perancangan konsep, menghitung detail anggaran, sampai memberi komando langsung di lapangan. Sukses terwujudkan tak kalah dengan buah karya laki-laki.

Masinis dan driver transportasi umum

Mungkin dulu asing rasanya melihat kendaraan umum dijalankan oleh perempuan. Nyatanya hari ini justru sangat dihargai dan disegani. Contohnya saja pengemudi ojek atau taksi online, masinis kereta, dan driver busway. Bahkan yang terbaru menjadi pelaju MRT yang tentunya sudah menguasai lika-liku teknologi kereta cepat ini.

CEO

Perempuan juga bisa menduduki posisi tertinggi di perusahaan. Memegang kendali atas kinerja ratusan atau ribuan karyawan. Menembus bayangan yang dulu menilai perempuan tak bisa berkarya selain di rumah sendiri. Nyatanya mereka membuktikan bisa menciptakan lapangan kerja dan berguna bagi kemaslahatan di banyak sektor.

Menteri bidang strategis

Pucuk pimpinan juga berhasil diduduki dalam bidang pemerintahan. Tak tanggung-tanggung, perempuan juga bisa mengendalikan bidang strategis negara. Katakanlah dari menteri bidang keuangan, kelautan, luar negeri, atau menjadi orang nomor satu di tingkat provinsi dan kabupaten. Lobi-lobi dan diplomasi yang mereka luncurkan, efektif membawa dampak baik bagi negeri ini.

Militer dan kepolisian

Perempuan ikut andil dalam militer dan kepolisian memang sudah lama. Namun tetap menakjubkan mengingat detail pekerjaan yang kerap mempertaruhkan nyawa. Tidak jarang harus berjauhan dengan keluarga. Seolah menentang kodrat perempuan yang harus lekat dengan urusan domestik rumah tangga. Dari bakti mereka, kita ikut menikmati aman dan damainya hidup setiap hari.

Bidang olahraga

Di bidang olahraga, ternyata perempuan tak hanya terbatas sebagai pemain saja. Ia juga dapat berperan sebagai wasit, juri, dan mengatur sport business. Jenisnya pun sekarang tidak terbatas pada yang ringan saja. Melainkan juga telah menyentuh olahraga dengan kadar berat dan menantang. Tinju, beladiri, gulat, serta lainnya. Banyak pula bermunculan pemain game (E-sport) yang prestasinya sudah menggapai kancah internasional.

Yang mempertaruhkan nyawanya

Di samping itu masih banyak jenis pekerjaan membahayakan yang ditekuni oleh para perempuan. Upahnya tidak berbanding lurus dengan risiko yang mesti dihadapi. Katakanlah pembersih kaca luar pada bangunan tinggi, buruh kuli, penambang, dan masih banyak lagi. Salut untuk dedikasi mereka semua. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEBINTARO.KULINER

Comments

comments