15

Tata Krama Memakai Mobil Kantor

Mobil kantor sebagai fasilitas karyawan memang perlu dioptimalkan fungsinya. Tetapi bukan berarti tidak mengindahkan aturan yang diberlakukan. Jadi, tetap ada tata krama. Sering tak tertulis, namun berdampak besar pada kondisi mobil dan performa pegawai itu sendiri.

Sebab dengan mendapat fasilitas mobil gratis, kepentingan karyawan sering bergesekan. Yakni kepentingan kantor dan pribadi. Mereka yang seenaknya menggunakan tanpa bisa menunjukkan pertanggungjawaban, akan mendapat predikat kurang memuaskan. Meski diawal kontrak tidak ada penyebutan mendetail pinjam pakai mobil kantor. Minimal tetap penting mengetahui dasar etika bagaimana memperlakukan mobil kantor sebagaimana mestinya.

Mengutamakan keperluan kantor

Sekilas memang menjadi hak karyawan dengan posisi tertentu. Tetapi ada pesan tersembunyi yang sering tak diungkap terang-terangan. Bahwa mobil kantor diprioritaskan untuk menunjang urusan kantor terkait posisi yang diemban. Bukan sekadar pemberian, pinjaman, atau lifestyle. Kantor sangat berharap dengan memakai mobil kantor, apalagi ditambah sopir, Anda lebih cepat dan efisien menyelesaikan segala sesuatu yang terkait dengan pekerjaan.

Bila digunakan di luar kepentingan dinas

Akan tetapi, bukan tidak mungkin kantor tetap mempersilahkan Anda menggunakan mobil kantor di luar acara resmi. Misalnya acara keluarga dan mudik ke kampung halaman. Untuk yang satu, coba tengok kembali tata krama di kantor. Pastikan Anda mendapat izin yang legal ketimbang mendadak mendapat teguran keras.

Rawat secara berkala

Berikan perawatan secara berkala. Cek oli, ganti ban, isi ulang aki, stamina AC, dan sebagainya. Bila memang semua perawatan tidak ditanggung kantor, otomatis ini akan masuk sebagai kewajiban Anda. Penuhi tanggung jawab tersebut dan mobil terjamin kesehatannya. Tugas Anda pun tak terganggu dengan mesin yang mendadak tak mau kerja sama karena perhatian yang minim pada urusan perawatannya.

Ganti kerusakan segera

Demikian pula saat terjadi kerusakan. Walau terhitung sangat kecil dan tidak menyentuh bagian-bagian vital. Bagaimanapun kerusakan adalah bentuk kelalaian. Karenanya wajib untuk mengganti dan mempertahankan mobil dalam kondisi yang sempurna.

Uang jalan

Khusus mengenai uang operasional jalannya mobil kantor, bedakan mana yang memang berhubungan langsung dengan pekerjaan dan mana yang khusus untuk keperluan pribadi. Ikuti aturan main reimburst agar Anda tidak salah timing. Di satu saat berhak menagih ke bendahara kantor, tapi di sisi lain harus menutupnya biaya operasional sendiri.

Bersih selalu

Juga jaga selalu kebersihannya. Baik bodi luarnya, maupun kebersihan di dalamnya. Bila perlu, jangan terlalu banyak memasukkan barang-barang yang tak memiliki kepentingan dengan kantor. Meminimalisir mobil dari kuman dan bakteri jadi lebih mudah. Selain itu tidak menciptakan mobil sebagai sarang penyakit, yang sering kali tidak disadari.

Kembali seperti sediakala

Akhirnya selesai sudah masa penggunaan mobil kantor. Mobil harus dikembalikan dan mungkin Anda akan mendapat mobil ganti yang lainnya. Kembalikan dengan kondisi yang layak. Dalam arti mesinnya tetap prima, desain interior tidak banyak berubah, dan daya lajunya tetap seperti mobil baru. Pihak kantor pun tidak kapok memberikan pinjaman berupa mobil di masa yang akan datang. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Intagram @ETALASEBINTARO @ETALASEBINTARO.KULINER

Comments

comments