13

Sukses Membuat Mousse

Banyak penikmat kuliner yang serta merta jatuh hati pada kelembutan mousse. Sajian yang lembut dan ringan bagai busa ini sangat mudah untuk dinikmati. Namun meski sederhana, tak mudah untuk membuat mousse. Ada hal-hal dasar yang harus dipatuhi agar sukses membuat mousse.

Tak perlu repot mengunyah untuk menikmati mousse, cukup resapi rasanya, lalu biarkan teksturnya membelai mulut Anda. Itu kalau mousse sukses dibuat. Mousse yang kurang sukses ditandai dengan teksturnya yang terlalu cair, atau sebaliknya, tidak airy dan terlalu padat. Inilah yang harus Anda perhatikan agar sukses membuat mousse.

Komponen mousse

Terdiri dari beberapa bagian, yaitu base, komponen pemberi rasa pada mousse, seperti cokelat leleh, pure buah, fruit curd, hingga creme anglaise. Lalu ada aerator atau bahan pengembang yang membuat mousse bertekstur ringan, yaitu paduan putih telur kocok dan krim kocok.

Kemudian ada pemanis, yaitu gula yang dicampurkan ke dalam putih telur agar mengembang lebih lama. Terakhir adalah pembuat gel, seperti gelatin. Gel dibutuhkan agar mousse bentuknya tetap bertahan ketika dikeluarkan dari cetakan. Namun bisa saja gel tidak digunakan bila mousse disajikan dalam gelas atau base mengandung cokelat karena cokelat sudah solid.

Rahasia sukses

Pertama, gunakan gula halus atau gula kastor agar gula mudah larut dan menghindari overwhipping.

Kedua, kocok krim dalam kondisi dingin. Gunakan krim yang baru dikeluarkan dari lemari es agar cepat mengembang. Atau kocok di atas wadah berisi es batu agar suhu dingin tetap bertahan. Krim bisa dikocok lalu simpan di lemari es. Namun bila menggunakan putih telur, harus dikocok mendadak karena putih telur akan berair dan kempis bila didiamkan.

Ketiga, gunakan whisk saat memasukkan putih telur kocok. Jaring-jaring whisk akan memecahkan tekstur putih telur sehingga lebih cepat menyatu dengan adonan.

Keempat, gunakan spatula karet saat memasukkan krim kocok. Tekstur krim yang halus dan glossy sangat mudah menyatu dengan adonan lain.

Kelima, pada setiap tahap, aduk menggunakan gerakan aduk lipat, bukan memutar.

Teknik double boiling

Keenam, tim gelatin maupun cokelat dengan teknik double boiling, yaitu memanaskan di atas wadah berisi air yang dipanaskan dengan api kecil sekali. Wadah gelatin atau cokelat tidak boleh menyentuh air. Pastikan suhu tidak lagi panas ketika dicampur dengan bahan pengembang mousse, karena jika panas, bahan pengembang akan mencair dan kehilangan volumenya.

Nah, mousse siap dinikmati! (YBI)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEBINTARO.KULINER

Comments

comments