12

Simpel Merawat Kumis dan Jenggot

Kumis dan jenggot bagi kaum adam adalah aset yang berharga. Menunjang penampilan dan lambang gentleman. Meski begitu, aspek kesehatannya juga perlu diperhatikan. Yakni dengan cara dirawat rutin setiap hari.

Dan ternyata banyak keuntungan yang bisa didapat para pria dengan memelihara kumis serta jambang di dagu maupun leher. Penelitian membuktikan kumis dan jenggot mampu menyerap debu atau bakteri yang bertebaran di udara. Menangkap mereka sehingga tidak bisa masuk ke lubang hidung. Sangat cocok bagi yang memiliki riwayat penyakit pernapasan, seperti asma. Di samping juga berpengaruh signifikan pada menurunnya tingkat alergi pada kulit.

Jadi, rugi sekali bila tak membantu kumis dan jenggot mengoptimalkan manfaatnya. Anda bisa melakukan sendiri di rumah. Membuat keduanya tidak hanya enak dipandang, tapi juga sehat seutuhnya.

Cukur rutin dan biarkan tumbuh alami

Cukur kumis dan jenggot secara rutin. Biasanya kegiatan mencukur ini untuk mempertahankan model yang diinginkan. Terutama jenggot dengan bentuk long full beard, reserve faded beard, fuller mustache, dan masih banyak lagi. Toh tak perlu setiap hari. Cukup dua hari sekali atau senyaman Anda. Sampai dirasa kumis dan jenggot mulai berubah bentuk.

Tetapi biarkan dia tumbuh alami. Hindari penggunaan bahan-bahan penyubur karena hanya akan membuatnya tumbuh lebat, namun sulit diatur. Bahkan kadang karena terlalu lebat, Anda harus lebih intens mencukur dan merawatnya. Melelahkan?

Pilih alat cukur yang sesuai

Alat cukur yang sesuai sangat mendukung keberadaan kumis dan jenggot. Manual atau elektrik. Masing-masing sangat tergantung dari keahlian Anda mengggoyangkannya ke sana ke mari. Jika belum ahli benar, sebaiknya pilih yang manual. Setidaknya Anda bisa lebih pelan dan berhati-hati memangkas satu dua helai. Ketimbang dibuat terburu-buru dan grogi oleh cukur elektrik.

Saat alat cukur sukar dikendalikan, bukan tidak mungkin kulit wajah akan mengalami luka. Menjadi akses bakteri masuk ke dalam tubuh.

Jaga kebersihannya

Di samping itu, kebersihannya tetap nomor satu. Terutama saat Anda menyantap makanan dan minuman. Remah-remah atau setetes cairan yang menempel langsung saja dilap dengan air bersih. Jangan berikan kesempatan pada kuman dan penyakit menjadikan salah satunya sebagai media efektif pengembangan diri. Bisa-bisa di balik bentuk kumis dan jenggot yang aduhai, ternyata  ada sarang kuman yang beaneka.

Cairan pembersih dan perawatan khusus

Untuk membersihkan dengan maksimal, ada sampo yang sengaja ditujukan bagi kumis dan jenggot. Tinggal diaplikasikan layaknya kita sedang keramas.

Perawatan juga bisa didapatkan dari minyak jenggot atau beard balm. Berguna untuk melembapkan, lebih rapi, dan batang-batang rambut lebih halus. Dilihat jadi lebih klimis.

Hindari mengepang atau mengikat

Sebaliknya, hindari mengepang atau mengikat sekalipun jenggot Anda panjang dan amat lebat. Perlakuan tersebut merangsang rambut jenggot mudah rontok. Ditambah tidak lagi mampu mempertahankan bentuk aslinya. Batang rambut tak lagi rapi, cenderung berantakan begitu dibuka. Untuk meluruskannya kembali, tentu harus ada treatment lain lagi. Artinya Anda harus berjuang keras demi kumis dan janggut indah kembali lagi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEBINTARO.KULINER

Comments

comments