11

Jenis Motor di Dunia

Motor sudah bukan barang asing. Tapi meski sering melihatnya, ternyata ada banyak klasifikasi yang membuat motor berbeda-beda. Kenali jenisnya, minimal agar tidak salah sebut dan paham bila akan membeli.

Masing-masing memiliki karakter yang berbeda. Tiap tipe tergantung dari teknologi yang dipakai sebagai dasar. Di samping perbedaan makin diperkuat oleh merek atau pabrik mana yang mengeluarkan. Saat diperkenalkan ke pasar, motor sudah dibuat dalam beraneka warna dan kenyamanan. Belum terhitung spesifikasi dan aksesorisnya. Ada yang dijalankan manual dengan sederet mesin yang lebih kompleks. Ada pula yang disebut otomatis. Lebih sederhana dan ramah bagi pemula.

Fungsinya pun bisa berbeda-beda. Walau secara garis besar sama-sama digunakan sebagai alat transportasi. Tetapi dengan mengamati bentuk atau cc nya, Anda akan tahu lebih banyak manfaatnya. Mencolok antara tipe yang satu dengan tipe yang lain.

Cub

Motor jenis cub sangat melegenda di negeri ini. Sering pula dinamai motor bebek. Rata-rata mempunyai 150 cc ke bawah. Bentuknya ramping dengan laju yang cepat dan tangguh dibawa jarak jauh. Karenanya sangat digemari. Selain harganya yang cukup terjangkau.

Skuter matic

Jenis berikutnya adalah skuter matic. Berbentuk unik, dengan kapasitas sekitar 100-150 cc. Namun ada pula pabrik motor yang membuat motor matic dengan kekuatan di atas 250 cc. Pengendara tidak perlu melakukan perpindahan gigi. Cukup dengan memutar gas dan menekan rem, mesin motor sudah bisa melaju aman.

Serba otomatis yang menawarkan kemudahan. Karenanya cenderung disukai bagi kaum pemula. Mengurangi rasa capek saat dikenakan di kondisi jalan yang macet atau padat.

Road motorbike

Secara harfiah memang bisa diartikan sebagai motor jalanan. Performanya sangat tinggi, yang ditandai mesin berkapasitas 100 cc ke atas. Ciri khasnya berbodi tangguh dan letak tangki bensin ada di luar. Lajunya terjamin stabil, membuatnya begitu cocok dipakai touring atau menjelajah ke daerah yang jauh dengan medan yang berat.

Cruiser

Fungsi cruiser tidak jauh berbeda dengan tipe road motorbike. Tetapi dari segi fisik, cruiser tampak lain. Bagian stang lebih tinggi dari badan, sedang kaki terlihat lebih selonjoran. Kapasitas mesin terhitung cukup besar, harganya terbilang mahal, dan suaranya pun terdengar lebih nyaring. Biasanya pemilik cruiser tidak menjadikan motor ini sebagai transport harian, melainkan sebagai koleksi pribadi.

Offroad

Motor bertipe offroad memegang karakter mesin ber CC besar tetapi berbodi relatif ringan. Sengaja diciptakan untuk menaklukkan kondisi medan yang terjal, berlumpur, dan tidak mudah dijangkau. Motor offroad lebih banyak dipakai bagi olahraga-olahraga yang membutuhkan adrenalin tinggi. Konon, katanya, motor ini mampu menumbuhkan kepercayaan diri sehingga sering dianggap jimat dalam berkompetisi.

Sport

Lain lagi dengan motor sport atau motor balap. Kekuatannya ada di kisaran 150-1400 cc. Masuk dalam tipe motor tercepat di dunia. Berdesain tubuh yang aerodinamis dan memiliki garis-garis yang tegas. Lebih sering dilihat ada di lintasan yang dilajukan oleh para pengendara profesional. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEBINTARO.KULINER

 

Comments

comments