07

Menjajaki Wisata Ekstrem di Dunia

Tempat wisata tak selalu menjanjikan lokasi yang indah dengan penuh kenyamanan. Sebagian justru ditawarkan karena keberadaan yang tiada duanya. Bahkan menantang dan membahayakan jiwa. Disebut juga dengan wisata ekstrem.

Walau begitu, animo menjajal wisata ekstrem ini cukup tinggi. Dilatarbelakangi oleh rasa penasaran dan antusiasme yang tidak terbendung. Hanya bisa terobati dengan berkunjung langsung ke sana. Meski tempatnya tidak mudah dijangkau, ongkos yang tidak murah, dan nyawa harus dipertaruhkan. Plus menambah pengalaman menyaksikan langsung tempat-tempat menarik di dunia ini.

Gurun pasir terpanas

Disebut-sebut gurun pasir terpanas di muka bumi ini ada di Iran. Suhunya ada di kisaran 70 derajat celcius. Dinamai Dasht’e Lut, yang berarti gandum panggang. Nama yang diberikan berdasar kisah banyaknya gandum yang ditinggal meledak menjadi api. Ledakan aibat pengaruh temperatur yang sangat tinggi.

Padang pasir terkering

Selain itu ada pula padang pasir terkering, sekaligus tempat paling kering di dunia. Yakni Atacama di Chile. Tanahnya begitu kering dan sangat panas. Sejak tahun 1903, padang pasir ini belum pernah lagi mendapat setetes pun air hujan. Sehingga memecahkan rekor dunia sebagai tempat terkering.

Tempat paling basah

Kebalikannya adalah tempat paling basah. Berada di Mawsynram, India. Setiap tahun mendapat curah hujan rata-rata 1000 inch per hari. Pengaruh nyata dari iklim subtropis dan penghujan. Membuatnya sebagai tempat yang sulit dikunjungi apalagi dihuni.

Perkampungan paling dingin

Berikutnya ada perkampungan dengan suhu dingin ekstrem. Temperaturnya pernah mencapai -71 derajat celcius. Salju tebal selalu menjadi pemandangan setiap hari. Terletak di Oymyakon, Rusia. Populasi penduduknya sangat dan hanya mempunyai satu hotel saja. Berani ke sana?

Pulau yang terisolasi dari manapun

 

Wisata ekstrem lain adalah berkunjung ke Pulau Tristan Da Cunha. Masih masuk wilayah teritorial Inggris Raya, dengan jarak 1.750 mil dari daratan Afrika. Satu-satunya transport yang mendukung ke sana hanya perjalanan laut. Meski jauh dan sulit ditempuh, kabarnya pulau ini menyimpan pemandangan yang aduhai indahnya.

Air terjun tertinggi di dunia

Air terjun tertinggi di dunia dipegang oleh Venezuela. Diberi nama Angel Fall. Tingginya kurang lebih 980 meter. Aksesnya sangat tidak mudah sebab berada di titik yang terpencil. Tetapi menariknya, kunjungan para turis tetap ramai. Apalagi bila bukan iming-iming panorama, yang faktanya, memang cantik sekali bak bidadari.

Puncak gunung tercuram

Gunung Thor di Kanada bukanlah gunung tertinggi di dunia. Namun kemiringannya adalah yang paling curam di daratan bumi ini. Bagaimana tidak, dengan tinggi 1.250 meter sampai puncak, sudut kemiringan mencapat rata-rata 105 derajat. Membuat para pendaki meski ekstra hati-hati. Persiapan lebih harus ditingkatkan, ditambah mesti waspada setiap saat.

Laut terbengis

Bila Anda ingin mencoba wisata dengan tema cage diving, coba saja laut terbengis. Ialah laut Gansbaai di Afrika Selatan. Laut dengan populasi ikan hiu putih raksasa terbanyak yang terkenal buas dan suka membunuh. Penyelam akan dilindungi kandang dan sengaja didekatkan pada area-area hiu senang berkeliaran. (LAF)

 

Foto-foto: Pixabay, Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEBINTARO.KULINER

Comments

comments