30

Santun di Resepsi Pernikahan

Sabtu dan Minggu biasanya banyak digelar pesta perkawinan. Sebagai tamu undangan, tentunya Anda ingin menghormati tuan rumah. Ikuti aturan main agar kita tidak hanya menjadi tamu yang baik, tetapi juga santun dan beretika.

Selain untuk membahagiakan pemilik acara, menjadi tamu yang beradab juga menguntungkan diri sendiri. Tuan rumah tidak akan kapok mengundang kembali di lain acara. Juga mereka bersedia datang bila kelak Anda bergantian mengundang. Satu sama lain saling memberikan kesan positif.

Konfirmasi

Jika dalam undangan tertera tulisan Respondez S’il Vous Plait (RSVP), segera konfirmasi kedatangan. Meski Anda tidak bisa hadir, tetapi tuan rumah sangat menginginkan kepastian. Barangkali mereka perlu mengatur ulang acara, jumlah makanan, dan sebagainya. Jadi sedikit itikad baik dari Anda, akan berdampak besar pada suksesnya acara.

Amplop atau bingkisan

Jangan datang dengan tangan kosong. Kecuali dalam undangan telah disebutkan tidak menerima sumbangan apapun dari tamu. Bawa amplop atau hadiah bagi yang sedang berbahagia. Sesuaikan dengan kebiasaan setempat. Serta jangan terjebak harus mewah dan berharga mahal. Barang-barang kecil namun multifungsi sudah sangat layak diberikan. Apalagi bila mengandung makna yang mendalam, misalnya mengingatkan arti persahabatan.

Pakai busana yang pantas

Anda boleh ingin tampil beda dari biasanya. Tetapi tetap junjung tinggi perasaan dan harga diri si empu acara. Sederhana tetapi tetap menjaga unsur sopan rasanya lebih tepat. Dibanding tampil sangat glamour dan melebihi busana yang dikenakan pasangan pengantin.

Datang sendiri atau bersama rombongan

Datang sendiri atau ramai-ramai berombongan tergantung dari undangan. Andaikan memang undangan hanya menawarkan pada Anda seorang, lebih baik tak usah ajak yang lain. Mungkin mereka menghendaki pesta resepsi yang lebih privasi. Hanya orang-orang tertentu saja yang diundang. Kecuali bila tuan rumah memberitahu sendiri bahwa Anda bisa mengajak pasangan, teman, atau anggota keluarga lainnya bergabung.

Habiskan makanan yang diambil

Habiskan makanan yang Anda ambil. Menyia-nyiakan makanan barangkali bisa menimbulkan rasa tak nyaman. Bisa saja mereka berpikir makanan tak enak atau kurang pantas disajikan pada undangan sehingga tersisa sia-sia. Padahal awalnya bersumber dari kelakuan tamu undangan yang menyepelekan makanan.

Jangan minta suvenir berlebih

Ambil suvenir sesuai pemberian. Jangan minta lebih tanpa alasan yang kuat. Seperti misalnya khawatir karena jumlah anak lebih dari satu dan saling berebut. Penyelenggara acara belum tentu menyiapkan cadangan suvenir berlimpah. Jika sampai kurang, karena ulah tamu yang meminta lebih, tentu tidak menyenangkan pula bagi tamu-tamu yang lain.

Berikan selamat

Berikan selamat begitu Anda bertatap muka. Ucapkan dengan riang gembira dan tunjukkan ekspresi bahwa Anda menikmati rangkaian acaranya.

Hindari kritik saat acara  

Resepsi dibuat untuk bersuka cita. Bukan untuk mendengar kritik atau protes Anda. Maka, tahan diri untuk melancarkannnya. Meski di dalam hati konsep acara jauh dari bayangan ideal Anda. Mari hargai apapun yang ada di sana. Sedikit memberikan apreasiasi tidak ada salahnya kan? (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram: @ETALASEBINTARO @ETALASEBINTARO.KULINER

Comments

comments