27

Pilihan Situs yang Ramah Anak

Bagi dunia anak, internet terkadang tampil bak buah simalakama. Dibutuhkan, tetapi juga dikhawatirkan. Karenanya, pilah dan hadirkan situs-situs yang ramah pada mereka.

Situs yang kontennya memang sesuai dengan umur dan kebutuhan. Tidak mengandung muatan usia dewasa atau mendadak muncul iklan yang tak layak dipandang mata mereka. Sajian internet pun bisa dinikmati dengan relaks, sebagai hiburan, juga sebagai penambah pengetahuan.

Orang tua pun lebih tenang. Situs yang diakses anak tidak memberikan dampak negatif yang bisa berkepanjangan. Tinggal mengatur waktu dan prosedur penggunaan internat yang aman. Agar anak tidak merasa terus ketagihan. Salah satunya adalah dengan menerapkan safety internet.

Yakni mengunduh langsung aplikasi yang diinginkan, lalu memasukkan kata kunci yang hanya diketahui orang tua. Anak tidak akan bisa mengakses tanpa izin dari orang tuanya. Otomatis semua laman yang dikunjungi bisa diketahui dengan pasti. Selancar di dunia maya terjamin sehat dan aman.

Youtube Kids

Youtube Kids menjadi jawaban keresahan orang tua yang ingin mempertontonkan video ramah bagi anak. Kanal ini, dapat dikatakan, merupakan cabang YouTube versi orang dewasa. Video yang tersedia sudah tersaring ketat. Dari lagu anak-anak, film animasi, materi pelajaran, dan berbagai info lainnya. Tidak ada pariwara atau sisipan negatif selama situs diakses.

kiddle.com

Situs yang satu ini ialah persembahan dari google.com. Sengaja diciptakan bagi anak-anak dalam memenuhi kebutuhannya. Mesin pencari yang lebih tergaransi keamanannya dari serangan konten yang tak perlu. Desainnya pun dibuat lebih menarik dan mudah digunakan oleh anak. Warna-warni serta bergambar lucu yang berganti-ganti.

zoodles.com

Pada dasarnya zoodles.com masuk kategori game online. Tetapi perbedaannya terletak pada jenis permainan. Laman ini lebih ke arah permainan yang bersifat edukatif. Di mana mengajak anak-anak belajar sambil bermain. Tanpa ada unsur kekerasan atau persaingan, anak-anak dapat memilih jenis yang disuka. Plus ada karakter, lagu, video, maupun fitur favorit yang bebas dipilih.

kidoz.net

kidoz.net memiliki kelebihan mencolok. Tepatnya ada parental control, yang meminta para orang tua untuk mendaftarkan anaknya terlebih dulu. Nama yang diajukan bisa lebih dari satu. Selama mengakses, akan ada batasan waktu dan konten apa saja yang boleh dilihat. Tentunya ini sesuai permintaan orang tua. Jadi orang tua tetap mengetahui apa saja yang sudah dikonsumsi oleh anak. Di sisi lain, anak tidak bisa main kucing-kucingan dengan orang tuanya.

zilladog.com

zilladog.com menawarkan jasa pada anak untuk mengenal email. Namun surat elektronik ini tidak biasa. Surat yang bisa masuk ke alamat (akun) anak hanya surat-surat yang telah dibalas orang tua. Begitu pula sebaliknya, bila anak ingin mengirim surat ke alamat yang baru.

ceritaanak.org

Anak yang suka dengan dongeng dan cerita, pasti menyukai ceritaanak.org. Banyak cerita yang bisa dibaca kapan saja. Bergenre agama sampai umum tersedia. Dari segi bujet juga cukup membantu orang tua. Karena tanpa harus mengeluarkan biaya lebih, anak tetap dapat menikmati berbagai dongeng berharga. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pixabay

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEBINTARO.KULINER

Comments

comments