25

Menangkap Makna Sesungguhnya Perkataan HRD

Di tahap interview, HRD sering mengeluarkan kalimat-kalimat yang sepertinya biasa saja, padahal merupakan kode tertentu. Karenanya penting bagi Anda untuk mengetahui makna yang sebenarnya.

Lalu, mengapa HRD tidak mengutarakan langsung di depan Anda? Jawabannya bisa bermacam-macam. Tetapi salah satunya karena tidak mudah menyampaikan berita negatif di depan yang tertuju. Terutama orang yang baru dikenal dan sangat mengharapkan posisi pekerjaan. Dalam suasana formal, penyampaian pun terbawa dalam bahasa yang sangat formal.

Alhasil, lisan dari HRD sering disalahtafsirkan. Sebab terkemas dalam kalimat yang tetap positif, namun sesungguhnya tidak begitu adanya. Pelamar yang tidak memahami dan terlanjur optimis, jadi pupus harapan.

Maka dari itu, sebelum Anda benar-benar menandatangani kontrak kerja, jangan pasang harapan terlalu tinggi. Semuanya bisa berubah tanpa diduga. Tidak seindah kalimat-kalimat yang dikemukakan oleh HRD.

Anda adalah kandidat yang tepat, tapi….

Sekilas kalimat “Anda adalah kandidat yang tepat” mencerminkan Anda sebagai nominator pegawai yang paling diinginkan. Tetapi perhatikan kalimat-kalimat selanjutnya. Misalnya diikuti, “namun kami masih perlu menyelesaikan beberapa urusan administratif” atau “kami masih perlu menyeleksi kandidat lain yang masih menunggu di luar.”

Untuk tipe-tipe ungkapan seperti ini, sebaiknya segera cari pekerjaan yang lain. Kasarnya, HRD tidak bisa menerima Anda. Walau kalimatnya sangat enak untuk didengar.

Kami akan segera menghubungi Anda

Rangkaian kata-kata ini sering disampaikan diakhir interview. Melambungkan harapan dan optimis bahwa dengan segera dihubungi sudah pasti bakal diterima kerja. Padahal tidak ada yang menjamin. Dan hubung-menghubungi hanya menjadi semacam bahasa diplomasi yang tampaknya tak perlu diseriusi oleh mereka.

Anda boleh memberi tenggat waktu untuk menunggu bagi diri sendiri. Misalnya, seminggu saja. Bila tidak juga dikontak, isi waktu berikutnya dengan menemukan kesempatan kerja yang lebih menarik.

Terlalu overqualified untuk pekerjaan ini

Overqualified adalah istilah halus untuk menggambarkan profile diri Anda yang sebenarnya tidak memenuhi kualifikasi sama sekali. Entah disebabkan latar belakang pekerjaan yang tidak banyak tersambung satu dengan yang lainnya. Atau tidak mempunyai ikatan kuat dengan jenis pekerjaan yang sekarang sedang diincar.

Agar tidak terulang di masa mendatang, sebaiknya hilangkan kesan overqualified ini. Tepis anggapan bahwa semakin banyak informasi akan semakin baik untuk resume Anda. Ringkas jenis pekerjaan yang pernah Anda jalani, passion, minat, dan termasuk prestasi. Info yang mudah dibaca plus ada poin-poin penting yang langsung tertangkap akan lebih diperhitungkan oleh HRD.

Kami masih menyelesaikan rincian posisi ini

Bila mendapati kalimat ini atau kurang lebih mirip, bisa diindikasikan ada perubahan yang tengah ditangani oleh HRD. Perubahan yang membuat mereka tidak bisa menerima Anda bergabung. Sehubungan dengan posisi yang sedang ditawarkan atau masalah internal perusahaan lebih luas.

Tak perlu kecewa. Untuk yang ini bukan semata-mata kekurangan pada diri. HRD memang membutuhkan persiapan yang lebih matang. Jadi buka harapan pada HRD lainnya. Pihak yang lebih siap menerima dan antusias mengajak Anda segera berkarya bersama. (LAF)  

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEBINTARO.KULINER

Comments

comments