22

Lebih dalam Memahami Varises

Berurusan dengan varises bukan perkara yang gampang. Masalah satu ini sudah pasti menimbulkan rasa tak nyaman dan tak sedap dipandang. Tetapi banyak yang belum terlalu mengenal lebih dalam. Yuk, cari tahu agar bisa dicegah dan ditangani dengan benar.

Varises adalah pembuluh darah vena yang melebar atau membengkak. Pembesaran karena adanya penumpukan darah yang tidak mengalir lancar di dalam pembuluh. Begitu menumpuk, dari permukaan kulit, pembuluh darah terlihat sangat dekat dengan warna ungu atau biru gelap. Jalurnya tidak beraturan, berkelok-kelok, dan rumit untuk digambarkan.

Penyakit ini umum menyerang orang dewasa. Bahkan termasuk 30% yang paling sering menjangkiti. Pada lansia, cenderung pada wanita, orang dengan obesitas, mereka yang sering berdiri lama rentan mengalami varises.

Bagi sebagian orang, varises lebih ditengarai mencederai masalah estetika. Tetapi bagi lainnya, varises bisa merupakan masalah besar. Karena menyangkut kesehatan fisik dan bersifat menyerang.

Penanganannya juga tak boleh asal. Seperti memberikan pijatan dengan harapan pembuluh darah segera membaik ternyata dilarang. Anda harus meminta pendapat dokter, walau varises yang dialami masih berada di level ringan. Dokter mungkin hanya memberi pil atau stocking khusus sebagai terapi jalan. Namun bisa saja dokter harus melakukan tindakan bedah demi memutus jeratan varises agar tidak semakin parah.

Penyebab

Varises, seperti telah dijelaskan sebelumnya, terpicu melemahnya katup vena yang tidak dapat menahan akumulasi darah. Varises tidak menular atau menurun, tetapi sebaiknya Anda tetap waspada bila ada riwayat keluarga yang memiliki penyakit sama.

Hati-hati juga, karena seiring pertambahan umur berpotensi melemahkan jantung dan pembuluhnya. Serta perubahan hormon pada perempuan akibat pil KB dan menopause. Selain itu, hindari berat badan berlebihan, duduk atau berdiri terlalu lama yang semakin memudahkan varises mengenai tubuh Anda.

Berdasar ukuran

Berdasar ukurannya, varises dibagi menjadi tiga. Varises trunkal yang berukuran lebih dari 8 mm dengan warna biru-biru kehijauan. Lalu ada varises retikular, yang berukuran kecil, berkelok-kelok, berdiameter 2-8 mm, berwarna biru kehijau-hijauan. Terakhir ada varises kapiler. Merupakan vena subkutis yang mirip serabut halus berwarna merah dengan diameter 0,1-1 mm.

Jenisnya

Sedangkan jika melihat dari jenisnya, varises terbagi dalam tiga. Pertama varises jenis spider navy. Tergolong ringan yang terpacu oleh suhu panas atau dingin, terpapar sinar matahari, sedang hamil, dan lainnya.

Berikutnya varises dalam kulit. Terjadi dalam pembuluh vena yang halus dan tipis di kulit bagian kaki. Umumnya dokter akan menggunakan obat penguat dan stocking khusus. Dan ada pula varises reticular varicose veins. Tingkat varises paling parah dan terjadi di pembuluh vena bawah kulit.

Dapat terjadi di area lain

Varises paling banyak terjadi pada area tungkai, terutama betis. Varises juga dapat terjadi di area lain. Panggul anus (wasir), vagina, rahim, atau kerongkongan (varises esofagus). Penyebabnya tak jauh berbeda. Yakni ada tekanan besar sehingga menyebabkan pembuluh darah melemah. Layaknya tekanan saat berdiri dan berjalan pada kaki. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexel

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments