21

Segudang Persiapan Menghuni Kompleks Baru

Sama-sama sebuah rumah, tetapi hunian yang berada di dalam kompleks yang selesai dibangun tetap berbeda. Sedikit banyak persiapan harus lebih matang saat pindah ke sana. Semata-mata demi kenyamanan dan keamanan menikmati sebuah lingkungan yang baru berdiri.

Boleh jadi sebelum membeli, Anda sudah mengamati lingkungan perumahan dan sekitarnya dengan seksama. Pertimbangan yang membuat Anda yakin untuk memiliki aset tersebut. Tetapi mungkin saja ada perubahan yang tidak disangka-sangka. Terlebih waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan wujud kompleks dengan sempurna berlangsung lama. Perubahan bisa terjadi dalam satu bahkan banyak bentuknya.

Pada akhirnya, perubahan tidak bisa dihindari lagi. Misalnya rumah sudah terlanjur dibeli dan situasi membuat Anda harus segera pindah ke rumah yang baru. Satu-satunya jalan adalah menerima keadaan. Akan tetapi, tentunya dengan segudang persiapan yang pasti.

Penghuni lain

Belum tentu kompleks yang sudah dinyatakan selesai langsung dihuni oleh para pembelinya. Kadang rumah sengaja dijadikan investasi sehingga tak bergegas untuk ditinggali. Atau menunggu kedatangan penghuni lainnya.

Otomatis kompleks perumahan terasa sepi. Karenanya pertimbangkan jumlah keberadaan tetangga, meski sudah disokong oleh sekuriti yang mencukupi. Minimal tetangga bisa menjadi teman dan fungsi sosial, serta penghidup suasana lingkungan bersama-sama.

Siapa tetangga dan penyokong di sana

Ketahui pula siapa tetangga Anda dan tenaga penyokong di sana. Jangan ragu untuk saling bertegur sapa dan mengenalkan diri. Akan lebih nyaman rasanya mengetahui latar belakang, jenis pekerjaan, tradisi, dan mengakrabkan diri satu sama lain. Begitu pula dengan tenaga penyokong, misalnya bagian keamanan, kebersihan taman dan jalan, pengurus sampah, pengelola tempat ibadah, dan sebagainya.

Respon lingkungan sekitar

Mungkin Anda bisa memastikan bahwa tanah dan kompleks telah berdiri secara legal. Tidak perlu ada masalah hukum yang mengintai. Namun bagaimana penerimaan lingkungan sekitar terhadap kompleks baru. Adakah resistensi atau biasa-biasa saja reaksinya. Atau barangkali ada semacam perjanjian tak tertulis yang perlu disepakati dan dijunjung kedua belah pihak.   

Logistik makanan

Pemasok logistik makanan juga perlu diperhatikan. Dulunya mungkin belum seberapa banyak. Dengan berdirinya kompleks perumahan baru, semakin menyedot penyedia urusan pangan merapat. Anda pun jadi tak sabar segera pindah.

Jangan lupa petakan letak yang paling mudah dijangkau beserta jenis pelayanannya. Supaya logistik makanan siap dipasok kapan saja.

Bantuan tercepat

Rilis nomor kontak dan sarana bantuan tercepat yang bisa Anda dapat dalam keadaan darurat. Dari polisi, klinik, rumah sakit, apotek, ambulans, dan sebagainya. Termasuk juga ahli yang bisa mengatasi masalah kerusakan perangkat air, listrik, sampai urusan pertukangan dan perbengkelan. Jika perlu tulis secara mencolok di sudut rumah favorit agar mudah dikenali.

Perlu renovasi atau tidak

Meski baru namun belum tentu menjamu. Sebab ada bagian-bagian yang tidak sesuai keinginan atau perlu sentuhan tambahan di sudut sana dan sini. Lakukan renovasi jika masih memungkinkan. Jika tidak, pikirkan jalan keluar yang paling efisien. Contohnya bangunan tetap sama, tetapi isi rumah sangat mendukung kebutuhan anggota keluarga. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments