17

Kapan Pengasuh Anak Perlu Ikut Liburan?

Mengajak serta pengasuh anak ke mana saja memang sudah biasa. Termasuk dalam acara liburan. Tetapi coba pilah kembali kondisi ideal kapan memang pengasuh perlu dibawa untuk acara santai Anda sekeluarga.

Bukannya tanpa alasan. Bagi sebagian keluarga, kehadiran pengasuh justru membuat liburan tidak seperti yang diharapkan. Ada rasa canggung atau malu untuk berbuat seenak hati. Di sisi lain, kebutuhan pengasuh juga harus diperhatikan. Berdampak pula untuk ongkos liburan, yang mana ikut membengkak. Karena harus menanggung peserta liburan tambahan.

Akan tetapi, sangat disarankan untuk tidak mengajak pengasuh anak berlibur bila Anda dihadapkan dalam situasi khusus. Walau Anda tidak keberatan sama sekali menanggung segala biayanya. Seperti menjadikan liburan sebagai ajang mendekatkan diri dengan anak. Biarkan anak sementara jauh dari pengasuhnya, dan berada lama-lama di samping orang tuanya.

Liburan tanpa pasangan

Belum tentu liburan diikuti oleh pasangan. Sedang Anda tidak ingin menunda liburan bagi anak-anak. Apalagi jadwalnya sudah sesuai dengan liburan sekolah, misalnya. Dengan mengajak pengasuh, Anda bisa sedikit lebih lega. Pengasuh bisa membantu dan menjaga anak di tempat umum. Sehingga Anda juga dapat menikmati liburan dengan nyaman.

Anak lebih dari satu

Anak lebih dari satu memang membutuhkan pengawasan ekstra. Inilah momen tepat mengajak pengasuh pergi libur bersama. Saling bergantian mengurus buah hati yang satu dengan yang lain. Terlebih bila usianya terpaut cukup dekat dan masih balita. Anak juga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Contohnya jadi sakit atau tantrum, mengingat ada kebutuhan yang terbengkalai dan minus perhatian dari orang tuanya.

Tidak tega meninggalkan anak di rumah

Barangkali Anda ingin mengulang liburan bak bulan madu dengan pasangan. Tetapi meninggalkan anak-anak di rumah tak tega rasanya. Maka, mengajak pengasuh menjadi jawabannya. Pengasuh bisa menjaga anak-anak di tempat penginapan, sementara Anda berdua dapat mengunjungi tempat-tempat penuh romansa di masa lalu.

Libur tanpa kerepotan

Libur dengan anak memang harus diakui bukan sepenuhnya leisure time. Anda harus tetap mempriotaskan berbagai tetek bengek kebutuhannya. Otomatis tenaga dan waktu tersita. Liburan pun tak bisa menghibur seperti yang dibayangkan sebelumnya. Namun ini semua dapat diatasi pengasuh. Dia dapat me-back up keperluan anak-anak. Tidak ada lagi repot, capek, dan suntuk selama liburan bersama anak-anak.

Agar liburan tetap optimal

Di samping itu, membawa pengasuh dapat menjamin liburan tetap optimal. Sejenak beristirahat melepas lelah, mengusir stres, mencari inspirasi, dan sebagainya. Sembari tetap bisa memantau kegiatan anak-anak di samping Anda. Tujuan berlibur bisa dicapai dengan sepenuhnya. Libur bagi Anda dan juga bagi anak-anak.

Hadiah untuk pengasuh

Di sisi lain juga liburan bagi pengasuh. Hadiah atas pengabdian dan pengorbanannya selama ini. Mengajaknya ke lokasi wisata tentu akan sangat berharga baginya. Pengasuh dapat melepaskan kejenuhan dari rutinitas harian. Meski tetap mengasuh anak, minimal dia memiliki pengalaman baru nan seru dalam hidupnya. Pikirannya lebih lapang dan hatinya pun lebih riang. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments