16

Aneka Bunga yang Bisa Dimakan

Ternyata aneka bunga cantik nan harum yang kerap menjadi penghias kebun dan ruangan, bisa disajikan sebagai menu makanan yang memanjakan lidah. Cantik dan lezat, paket yang lengkap.

Beberapa jenis bunga memang sudah diolah menjadi bahan masakan. Sebut saja bunga pepaya, bunga turi, dan honje. Namun itu merupakan jenis bunga sayur atau bumbu. Tidak biasa digunakan untuk memanjakan mata karena kecantikannya.

Padahal sesungguhnya beberapa bunga cantik, seperti mawar dan krisan, telah lama digunakan sebagai bahan kuliner. Tercatat, pada sekitar abad 15 SM, masyarakat bangsa Romawi dan Cina telah biasa mengonsumsi bunga mawar dan krisan dalam bentuk makanan maupun minuman. Kebiasaan ini kemudian menyebar ke wilayah lain, seperti Eropa, Timur Tengah, serta negara Asia lainnya.

Mengonsumsi ‘hidangan berbunga’ konon mendatangkan manfaat lebih. Antara lain memberi keharuman, kecantikan tubuh, dan kesehatan. Masih geli membayangkan mengunyah mawar? Sisipkan saja sebagai penghias makanan. Berikut beberapa bunga yang sudah sering menjadi bagian dunia kuliner.

Carnation

Anda mungkin telah akrab dengan bunga ini sebagai olahan sirup. Memang, bunga yang memiliki kelopak berwarna-warni- merah, putih, kuning, hijau, merah muda, keunguan- ini telah sering diolah sebagai pewarna makanan alami karena warnanya yang mencolok.

Anda bisa menggunakan bunga ini sebagai campuran masakan Cina, seperti tumis-tumisan, sup, hidangan barbeque, salad dan sausnya, cake. Atau dibuat menjadi selai dan minuman.

Krisan

Warna bunga ini sangat cantik, kuning, putih, merah tua, pink, ungu, bahkan oranye. Karena tahan lama, krisan sangat sering digunakan sebagai bunga potong untuk dirangkai sebagai buket bunga.

Selain sedap dipandang, krisan juga segar dijadikan campuran untuk minuman dingin bercita rasa manis. Masyarakat di beberapa wilayah Asia sudah menggunakan bunga krisan kuning dan putih sebagai campuran minuman.

Bahkan di Cina, bunga krisan digunakan sebagai penambah aroma teh dan dimanfaatkan sebagai pereda flu. Krisan juga dicampurkan ke dalam sup, mi, pasta, dan berbagai hidangan yang dikukus.

Melati

Bunga berkelopak mungil dan berbau semerbak ini memang sudah sering digunakan sebagai penambah aroma pada minuman teh. Baik dalam bentuk celup atau seduh.

Mawar

Ada ribuan jenis mawar di dunia. Beberapa jenis mawar telah terbukti kaya vitamin C. Secara umum mawar digolongkan ke dalam dua jenis, yaitu wild rose dan modern garden rose.

Mawar diambil sarinya untuk pembuatan saus salad, serta penambah rasa dan aroma pada adonan kue, puding, serta selai.

Lavender

Bunga berwarna ungu ini wanginya sudah semerbak ke mana-mana. Sering digunakan sebagai bahan pengusir nyamuk. Minyak esensial lavender juga digunakan sebagai terapi untuk mengatasi insomnia atau kesulitan tidur.

Selain manfaat tadi, lavender juga telah digunakan sebagai penambah rasa dan aroma pada es krim dan aneka hidangan pencuci mulut. Juga digunakan dalam pembuatan permen, dekorasi cake, peracikan teh herba, penghilang bau anyir pada daging dan ikan, serta pewangi pada gula.

Bunga telang

Tanaman perdu yang memiliki bunga berwarna keunguan ini disebut juga butterfly pea. Bunga ini banyak dipakai sebagai pewarna makanan, seperti untuk kue, puding, dan cake. (YBI)

 

Foto ilustrasi: Pixabay, Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments