15

Persiapan Pindah ke Rumah Tua atau Terbengkalai

Pindah tidak selalu ke rumah yang baru dibangun. Kadang pilihan mesti diambil pada rumah yang sudah tua dan lama terbengkalai. Entah karena lokasi, harga, atau nilai historis. Tentunya jadi berbeda persiapannya. Apa saja?

Sudah pasti rumah tua memiliki banyak perbedaaan dengan rumah yang baru berdiri. Terkadang kondisi bangunan masih bagus, namun karena terbengkalai, performanya jadi tidak menyakinkan. Seperti debu tebal dan halaman kotor yang membuat rumah tampil dengan muka muram. Atau isu-isu yang terkadang tidak berhubungan langsung dengan fisik rumah, tetapi masih relevan dan tetap penting untuk diperhatikan.

Akhirnya persiapan pindah terasa lebih istimewa. Bahkan bisa lebih kompleks. Mulai dari kunjungan pertama sampai tahap akhir siap dihuni. Apalagi jika rumah berukuran besar dan masih banyak barang-barang lama yang ditinggalkan. Untuk menyiapkan semuanya bisa memakan waktu yang lama.

Surat legal dan statusnya

Pindah dengan alasan membeli atau kontrak, pastikan rumah memiliki surat legal dan status kepemilikan yang jelas. Termasuk kejelasan pembayaran berbagai pajak, tagihan listrik, atau air jika ada. Sehingga kepindahan  ke sana tidak dibayang-bayangi oleh sanksi hukum apabila dianggap ada pelanggaran. Mungkin bukan Anda sekeluarga yang berbuat, tapi ikut kena imbas karena dinilai sebagai penanggung jawab kewajiban rumah.

Histori

Telusuri histori rumah. Khususnya alasan dibalik mengapa sampai rumah tidak terawat, tidak dihuni, dan dibiarkan kosong begitu lama.

Mungkin ada mitos-mitos kuat yang menjadi penyebab. Tapi penelurusan histori juga sering menghasilkan alasan-alasan yang lebih kuat dan rasional. Misalnya rumah sengaja ditinggal karena sering terkena bencana alam, banyak perampok, dan sebagainya. Jadi setelah mengetahui, Anda dapat membuat perencanaan agar alasan-alasan yang sama tidak terulang kembali.

Daya tahan rumah

Di samping itu penting mengetahui daya tahan rumah. Fondasi boleh saja tetap kuat. Akan tetapi pastikan dinding, pintu, jendela, plafon, dan berbagai furnitur sama kokohnya. Juga stamina semua ruangan yang ada. Kamar mandi, tempat tidur, dapur, gudang, ruang tamu, beserta lantainya juga harus diwaspadai.

Instalasi

Berikutnya periksa bagian instalasi secara menyeluruh. Saluran listik dan air yang biasanya telah lama tidak digunakan sering ngadat. Beberapa jenis binatang juga nyaman tinggal di dalam pipanya. Segera ganti dengan yang baru bila ditemui kerusakan yang parah. Namun kondisi yang masih layak pakai umumnya hanya perlu dibersihkan saja.

Lingkungan sekitar

Amati lingkungan sekitar rumah. Sebab lingkungan juga berdampak nyata pada kenyamanan Anda tinggal di sana. Bagaimana faktor keamanan dan budaya yang berlaku dalam norma kemasyarakatan.

Selain itu amati keberadaan binatang-binatang liar yang mungkin telah menganggap rumah sebagai sarangnya. Kedatangan Anda bisa menjadi kejutan luar biasa bagi mereka. Segera atasi dan jika tak bisa sendiri, minta bantuan pada yang lebih ahli.

Kesiapan anggota keluarga

Serta jangan lupakan faktor kesiapan diri sendiri dan anggota keluarga untuk tinggal di sana. Persiapan psikis turut memengaruhi harmoni rumah dan betah tidaknya. Jangan sampai rumah telah diubah konsepnya bernuansa baru, tetapi pada akhirnya, tak lama kemudian ditinggalkan jua. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Caiyo Resende from Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments