14

Kapan Harus Segera Menemui Dokter Kulit?

Bertemu dokter kulit dengan harapan jerawat bisa hilang memang benar. Akan tetapi, masih banyak kondisi kulit yang juga membutuhkan konsultasi dengan dokter spesialis kulit. Tidak sebatas pada urusan wajah.

Seperti saat Anda dihadapkan pada gejala-gejala kulit yang membingungkan. Identifikasi dari dokter kulit akan lebih membantu mengenali apa yang sedang Anda alami. Diikuti dengan saran maupun obat-obatan yang harus dikonsumsi. Sehingga penyakit kulit tertangani dengan benar. Sebaliknya, treatment yang bukan dari ahlinya bisa membuat sakit kulit semakin parah.

Dan ingat, begitu mendapat resep obat, ikuti instruksi yang ada. Tentang penggunaan berbagai krim, salep, dan obat minum. Jangan mencampuradukkan bila memang tidak disarankan. Atau segera temui kembali dokter jika ternyata kulit tidak bisa menerima perlakuan yang diberikan. Berikut beberapa kondisi yang sebaiknya harus segera Anda konsultasikan ke spesialis kulit.

Bercak berkembang

Adakalanya kulit mengalami bercak yang tidak wajar. Warnanya bisa beragam. Putih, merah, hitam, atau kehijauan. Bercak ini bukan bawaan sejak lahir, muncul mendadak, dan terus berkembang (melebar). Segera temui dokter kulit demi mendapat kepastian, mengapa bercak-bercak ini bisa sampai muncul di permukaan kulit Anda.

Tahi lalat tipe tertentu

Tahi lalat dalam tipe tertentu bisa diindikasikan pertanda penyakit. Misalnya berukuran besar, bergerombol banyak, dan tampak aneh. Khususnya bagi perempuan yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit kulit yang sebelumnya juga dikenali lewat tahi lalat. Ada baiknya Anda tak perlu menunda menjumpai dokter kulit.

Gatal akut

Begitu pula ketika Anda mengalami gatal yang tak biasa. Pada sekujur tubuh atau titik tertentu yang tak kunjung reda. Kerap diikuti ruam merah, nyeri, dan absis (bisul) bernanah. Mengatasinya dengan obat yang dijual secara umum belum tentu sesuai. Dokter kulit bisa memberikan jalan keluar yang lebih tepat.

Benjol tanpa sebab jelas

Konsultasikan pada dokter jika sampai ada benjolan pada bagian kulit tertentu. Terutama benjolan yang sekiranya disertai rasa sakit dan tidak nyaman digerakkan sebagaimana biasanya. Bisa jadi benjolan karena perbenturan akibat benda keras. Namun siapa yang menyangka bahwa ada penyakit dalam yang membutuhkan penanganan dengan secepatnya.

Tumbuh rambut di tempat yang tak semestinya

Waspadai kala rambut tumbuh di tempat yang tak semestinya. Apalagi pertumbuhan rambut lebat dan terlihat tak wajar. Umumnya disebabkan oleh perubahan hormon. Akan tetapi mungkin dokter bisa mempunya opini lain.

Alergi obat, make up, dan lainnya

Kulit juga belum tentu bisa menerima penggunaan aneka bahan kimiawi setiap hari. Contohnya saja obat, make up, deterjen, sabun, pelembap, dan masih banyak lagi. Reaksinya dapat berupa alergi. Dalam taraf yang masih ringan, pengobatan dari rumah mungkin sudah cukup. Tetapi adanya dokter kulit semakin efektif mengatasi alergi dan memberikan rekomendasi alternatif bahan-bahan yang tetap bisa dipakai.

Estetika

Tentu masih ada benarnya bertemu dokter kulit terkait urusan estetika. Semata-mata demi menjaga kesehatan kulit seutuhnya. Bukan terbatas pada soal kecantikan atau mendapat kulit yang putih dan mulus. Sebab kulit yang sehat juga sinyal tubuh yang hebat. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments