08

Makanan untuk Menaikkan Trombosit

Kasus demam berdarah mulai kembali marak. Menurunnya trombosit adalah salah satu gejala penyakit ini. Untuk menaikkan jumlah trombosit, pengobatan medis kadang tetap diperlukan. Namun Anda bisa pula mengupayakan lewat sumber makanan. Tetap aman dan efektif, di samping mendapat manfaat baik lainnya.

Trombosit (platelet) berperan penting dalam pembekuan darah normal. Keberadaannya dapat ditemukan di dalam darah dan limpa. Jumlahnya sering menjadi penentu diagnosis atas datangnya suatu penyakit. Normalnya, pada setiap mikroliter darah, trombosit ada di kisaran 150 ribu hingga 450 ribu. Kelebihan atau kurang dari itu akan dianggap sebagai tanda bahaya.

Seperti saat berjumlah kurang, kondisi tubuh disebut trombositopenia. Gejalanya terlihat dari adanya lebam, ruam atau bintik kemerahan di kulit, darah di feses dan urin, mudah lelah, kulit menguning, serta pendarahan di gusi maupun hidung.

Akan tetapi tidak semua jenis makanan bisa disantap. Ada beberapa yang mesti dijauhi selama berjuang menaikkan jumlah trombosit. Contoh yang harus dijauhi adalah minuman keras (alkohol), susu sapi, jus cranberry, makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan aspartam. Sifatnya cenderung menurunkan produksi trombosit, sehingga berbanding terbalik dari harapan yang sebenarnya.

Buah dan daun jambu biji

Jambu biji sejak dulu telah dipercaya memiliki banyak manfaat. Tidak hanya buahnya, tetapi juga daunnya. Zat aktifnya yang dinamai trombino merangsang trombopoietin lebih giat, sehingga sel darah Anda lebih banyak. Ditambah kandungan vitamin C yang tinggi perlahan efektif menaikkan trombosit.

Kurma

Buah khas negeri padang pasir ini juga alternatif yang baik. Tidak lain karena muatan vitamin K-nya yang ampuh membantu mengerek jumlah trombosit. Juga kandungan seperti mineral dan fitonutrien dibutuhkan bagi kesehatan.

Angkak

Penelitian juga membuktikan bahwa angkak mampu meningkatkan trombosit secara signifikan. Tetapi belum bisa disebut sebagai obat demam berdarah. Karena sifatnya yang hanya menolong saja. Tapi tak ada salahnya untuk mencoba. Umumnya angkak disajikan dengan cara diseduh atau dibuat teh angkak.

Sayuran

Di antaranya ada kubis, selada, bayam, kangkung, tomat, paprika, sawi, lobak hijau, dan brokoli. Berkhasiat berkat kandungan vitamin K yang begitu banyak dan sangat dibutuhkan dalam pembekuan darah. Sayuran hijau juga mencegah sel-sel trombosit saling menempel satu sama lain.

Berbagai buah lainnya

Untuk buah, masih ada banyak pilihan. Buah delima, kiwi, jeruk, strawberry, mangga, dan nanas. Ada yang kaya akan zat besi, ada pula yang memiliki aneka vitamin.

Sumber hewani

Selain itu, Anda bisa menambahkan menu dari sumber hewani. Menu yang semakin melengkapi upaya menaikkan jumlah trombosit dalam darah. Kuning telur, ikan salmon, ikan tuna, minyak ikan, serta yogurt. Sederet daftar ini sarat dengan vitamin D yang tak hanya meningkatkan trombosit. Namun juga baik bagi dukungan pembentukan sumsum tulang. Pabrik terbentuknya trombosit.

Alternatif susu

Mesti sebelumnya disebutkan untuk menghindari susu sapi, bukan berarti Anda tidak boleh minum susu sama sekali. Anda dapat mengalihkan perhatian pada susu kedelai, susu almond, atau susu gandum. Vitamin B12 nya juga tak kalah hebatnya menyokong perjuangan Anda mengerek jumlah trombosit. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments