07

Rumah Ideal Bagi Orang Tua

Mereka yang sudah berusia lanjut umumnya menginginkan rumah yang berbeda dari biasanya. Tak ada salahnya mengetahui ciri-ciri idealnya. Siapa tahu rumah idaman bagi orang tua bisa segera diwujudkan.

Apalagi bila Anda ingin mengajak orang tua untuk pindah dan tinggal bersama. Kebutuhan serta kepentingannya tentu perlu diperhatikan pula. Semata-semata demi kenyamanan bersama. Sebab sekali tidak nyaman, mungkin sementara waktu orang tua bisa bertahan. Tetapi lama kelamaan akan berdampak pada banyak hal. Tak hanya masalah batin, namun juga pada urusan fisik.

Di sisi lain tepis anggapan bahwa rumah yang ideal bagi orang tua harus luas dan mewah. Berisi barang-barang mahal sebagai penyenang hatinya. Terkadang berkumpul dengan anak cucu saja sudah sangat membahagiakan. Rumah ideal adalah pelengkap agar suasana semakin sempurna.

Lengkap di lantai satu

Usahakan untuk memenuhi segala aktivitasnya di lantai satu. Mengingat kondisi fisik yang sering terpengaruh usia. Membuat para orang tua tidak bisa bergerak aktif. Misalnya naik turun tangga, atau bolak balik dari satu ruangan ke ruangan yang lain. Jadi lebih bijak menyediakan kamar di lantai pertama. Begitu pula ruang untuk bersantai, dapur, kamar mandi, dan sebagainya.

Rumah aman, sehat, dan menghibur

Bangun rumah yang sehat dan aman untuknya. Contohnya lantai yang tidak licin, dinding yang tidak berjamur, sinar mentari cukup terang, arus keluar masuk udara lancar, dan tidak banyak barang-barang berbahaya. Apabila luas ruangan sempit, letakkan barang secukupnya. Supaya gerak gerik orang tua lebih fleksibel.

Hadirkan suasana hiburan yang berarti. Berupa interaksi hangat di antara sesama anggota keluarga. Saling peduli dan memberi, walau kesibukan masing-masing selalu membayangi.

Dekat dengan komunitas atau tempat ibadah

Tak bisa dipungkiri, orang tua juga membutuhkan rumah yang dekat dengan komunitas atau tempat ibadah. Tempat yang bisa dituju dengan mandiri setiap saat. Sekaligus tempat untuk bersosialisasi. Bagaimanapun orang tua tetap perlu wadah berinteraksi. Terlebih dengan sesama generasi.

Tak jauh dari lokasi hiburan atau wisata

Selain itu pilih lokasi yang tak jauh dari arena hiburan dan wisata. Kala orang tua ingin menikmati suasana yang sedikit berbeda, Anda lebih mudah mengabulkannya.

Soal hiburan, orang tua bisa memiliki selera yang berbeda. Contohnya saja, rumah yang dekat pasar sudah cukup menghibur. Khususnya orang tua yang hobi memasak dan selalu berkeinginan menyajikan hidangan lezat bagi anak cucunya.

Lingkungan tenang dan bersih

Pertimbangkan tentang lingkungan yang tenang dan bersih. Tidak penuh polusi atau suara bising. Sebab lingkungan juga bisa memengaruhi kesehatannya. Contoh nyata apabila air dan udara sudah sangat tercemar, otomatis stamina menurun dengan cepat.

Mudah dijangkau

Masih di seputar lokasi. Akses rumah yang terjangkau lebih menarik bagi para orang tua. Jalan yang mudah dilalui kendaraan atau tidak terlalu sulit ditempuh bila menggunakan transportasi umum. Memudahkan pula bagi teman-teman seumuran atau sanak saudara yang ingin berkunjung. Rumah pun jadi indah untuk dikenang. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments