04

OB Senang, Pekerjaan Lancar

OB, alias office boy, adalah bagian yang tak terpisahkan dari perusahaan. Mereka juga membutuhkan perlakuan yang istimewa dari Anda. Sadari dan penuhi agar mereka lebih berdaya.

Di samping tentunya menciptakan iklim kerja yang sehat. Walau posisinya sering dianggap tidak penting. Namun nyatanya dapat menyokong kebutuhan harian di kantor. Bahkan sering kali berperan sebagai think tank dalam kondisi darurat dan tak terduga. Sudah tentu perlakuan yang layak dan sepadan juga menjadi hak mereka. Jadi jangan hanya anggap OB sebagai pesuruh saja, tapi juga sebagai “orang baik”.

Keramahan

Sapaan yang ramah merupakan salah satu item yang diharapkan dari Anda. Sapaan akrab yang membuat mereka dianggap sebagai rekan kerja. Mengikis kekakuan dalam interaksi sehingga pekerjaan pun dilaksanakan dengan happy. Sekaligus hiburan di tengah-tengah kesibukan yang kadang tak kunjung berhenti.

Tolong dan terima kasih

Mereka juga mengharapkan kata-kata tolong dan terima kasih. Walau pada dasarnya instruksi dari Anda jelas bagian tugas mereka. Tetapi kata tolong dan terima kasih berfungsi sebagai penghalus dan penghapus perbedaan jenis pekerjaan yang sangat nyata dibanding apa yang Anda kerjakan. Dua kata yang membuat mereka lebih senang dan bangga menjalani tugas-tugasnya.

Permintaan yang jelas dan pasti

Di sisi lain, mereka juga berharap ada permintaan yang jelas dan pasti. Terutama request khusus yang membutuhkan detail dan tak boleh ada yang terlewat. Misalnya saja pemesanan untuk makan siang, perlengkapan meeting, dan sebagainya. Dengan berbekal informasi yang pasti dan detail, mereka akan berusaha untuk memenuhi dan tidak mengecewakan. Hal yang sangat ditakuti bila sampai kerjanya tidak memuaskan di perusahaan.

Apresiasi dan aspirasi

Selain terima kasih, para OB juga perlu apresiasi yang lebih. Plus aspirasi sebagai kebutuhan yang tidak bisa dikesampingkan. Atas segala jerih payah dan pengabdiannya selama ini. Dimulai dari mempertimbangkan baik-baik keluhan, masukan, juga kenaikan upah dan bonus  secara bertahap. Termasuk mengabulkan izin cuti dan liburan sesuai aturan yang berlaku.

Jeda istirahat

Hormati waktu istirahat mereka. Di mana belum tentu waktunya sama dengan jatah istirahat Anda. Apalagi pekerjaan mereka sangat mengandalkan stamina fisik yang fit. Bergerak terus ke sana ke mari demi segera mewujudkan permintaan dari Anda. Begitu jam istirahat mulai, biarkan mereka menikmati sepenuhnya.

Sesuai koridor tugasnya

Ada baiknya Anda memberikan instruksi yang memang menjadi koridor para OB. Tidak melebihi kapasitas atau melanggar kebijakan di kantor. Bila Anda memiliki permintaan yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan kantor, lakukan dengan cara yang baik-baik. Dengan tetap memperhatikan jam kerja mereka maupun keperluan karyawan lain yang juga membutuhkan kehadiran OB segera.

Tips

Meski tak selalu berharap imbalan atau iming-iming, sedikit tips tentunya bonus yang cukup menyenangkan. Terlebih jika Anda meminta mengerjakan hal-hal yang kadarnya lebih berat dibanding hari biasanya. Ibarat kata, tips menjadi uang lelah. Di samping mereka bisa memanfaatkannya untuk tabungan atau  uang jajan lebih. Siapa tahu pula menjadi jalan Anda membantu menyelesaikan persoalan finansialnya yang selama ini tidak banyak terungkap. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments