mouse-trap-cheese-device-trap-633881

Mengusir Tikus dalam Rumah

Walau ukurannya kecil, namun menyingkirkannya bukan urusan yang mudah. Tikus adalah hewan yang gesit dan lihai. Mengusirnya mesti membuahkan hasil, dan yang terpenting tetap aman bagi anggota keluarga.

Tikus yang aktif di dalam rumah sudah pasti jadi sumber penyebaran penyakit. Tikus juga tak segan-segan berbuat seenaknya. Dari mencuri makanan tak bersisa hingga merusak barang-barang yang ada. Bila mati, bangkainya mengeluarkan aroma busuk sampai berhari-hari lamanya. Belum lagi kotorannya.

Tetapi di sisi lain hindari penggunaan bahan-bahan berbahaya, seperti racun. Salah-salah bisa memakan korban lain, yakni anggota keluarga sendiri. Terutama anak kecil yang belum memahami bahwa itu adalah bagian dari jebakan. Tikus pun bisa mati di sembarang tempat. Merepotkan untuk mencari bangkainya dan kadang terletak di tempat yang susah dijangkau. Alhasil semua penghuni rumah mesti menahan napas karena aroma khasnya.

Menutup aksesnya

Cegah dari awal agar tikus tidak rajin mengunjungi rumah. Caranya dengan menutup segala akses masuknya. Lubang di atap, pipa air, saluran dari got, liang di dinding, dan sebagainya. Gunakan bahan-bahan yang sekiranya tidak bisa dilawan oleh tikus. Misalnya memasang kawat di bagian yang dilewati air. Atau gunakan batu besar untuk menutup lubang air yang sudah tidak terpakai.

Memakai bahan alami

Bahan alami bisa digunakan sebagai cara halus untuk mengusirnya. Di mana merupakan bahan-bahan yang tidak dia suka tetapi tetap aman. Cukup disebarkan di area-area yang sering dilewati. Contohnya baking soda, lada hitam bubuk, irisan bawang merah, daun mint, dan masih banyak lagi. Bau yang menyengat dari bahan-bahan tersebut tidak bersahabat bagi hidung tikus.

Gunakan tipuan

Gunakan tipuan untuk mengecoh sekaligus membuat suasana teror. Yakni memasang imitasi hewan yang ditakuti tikus. Seperti boneka ular dan kucing. Musuh bebuyutan dan predator yang disegani serta dijauhi. Dengan bermodal boneka imitasi, ciptakan bayangan yang menyerupai seperti aslinya. Apalagi bila Anda bisa menambahkan suara serasa nyata. Dijamin tikus akan berpikir ulang menjarah rumah Anda.

Buat perangkap

Buat perangkap bila Anda ingin menangkapnya cepat-cepat. Terlebih jika jumlah tikus sudah terlalu banyak dan sangat menganggu peredarannya di dalam rumah. Sembari Anda tetap mencoba keberhasilan cara lain agar rumah merdeka sepenuhnya dari tikus. Akan tetapi, pastikan perangkap tidak menimbulkan bahaya dan luka bagi anggota keluarga.

Memelihara hewan

Selain tipuan, Anda dapat mencoba dengan memelihara hewan yang sebenarnya. Kucing di rumah yang dengan sigap akan memangsa tikus begitu baunya tercium. Dapat pula dengan berternak jangkrik, yang konon, suaranya begitu dibenci oleh tikus. Mengingat tikus tidak bisa bertahan lama berada di tempat yang bising.

Menjaga kebersihan

Di samping itu, jangan lupakan soal kebersihan. Tikus mesti tak pernah diundang, namun bisa saja tanpa disadari ada yang memantik kedatangannya. Sampah makanan yang tak segera dibuang, kotoran air yang menggenang, serta lainnya. Minimal selain menutup semua akses tikus masuk, rumah yang bersih dan wangi tidak akan menarik minatnya berkunjung. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments