24

Menghindari Biaya Kelebihan Bagasi

Aturan bagasi maskapai yang baru membuat geger. Yaitu semakin menipisnya berat bagasi gratis. Penumpang tentu harus mencari akal agar tidak harus membayar kelebihan bawaannya.

Dari yang rata-rata maksimum 20 kilogram, kini hanya 7 kilogram saja per penumpang. Otomatis bagasi yang berlebih dapat ditebus dengan membeli voucher tambahan atau membayar langsung kelebihan beratnya. Kebijakan serupa juga berlaku bagi jasa ekspedisi, tetapi dengan modifikasi yang berbeda. Terkadang ongkos kelebihan bagasi bisa jauh lebih mahal dari tiket naik pesawat.

Membuat bepergian menggunakan transportasi udara mesti dipikir ulang. Padahal terkadang tetap tak bisa dihindari, mengingat pesawat sampai kini masih merupakan alat angkut tercepat.

Jadi mau tak mau jalan keluar terletak pada cara packing. Berkemas hemat supaya ongkos juga irit. Khususnya untuk Anda yang kerap pulang pergi naik burung besi.

Gunakan koper yang ringan

Sejak awal, pilih koper atau tas yang berbobot ringan. Usahakan kurang dari 2,5 kilogram saja. Jadi sisa berat yang ditoleransi maskapai bisa Anda gunakan untuk membawa barang-barang yang dibutuhkan. Tidak didominasi berat koper saja. Sehingga Anda tak membutuhkan tas tambahan. Dan, manfaatkan ruang-ruang yang tersedia didalamnya dengan mengisi barang-barang secukupnya.

Pulang pergi sama

Upayakan saat pulang dan pergi, kondisi barang sama. Artinya memang benar-benar hanya membawa barang-barang yang diperlukan. Tidak menyimpan barang cadangan atau masih menanamkan konsep, siapa tahu perlu di sana. Atau membeli ini dan itu karena rasa tertarik, padahal tanpa disadari bagasi menjadi berlebihan dari sebelum waktu bepergian. Dimana pada akhirnya Anda harus berhadapan lagi dengan urusan kebijakan bagasi maskapai.

Cek kembali barang-barang kecil

Sortir kembali barang-barang kecil. Seperti aksesoris, gadget, toiletries, dan makeup. Tanpa disadari, akumulasi dari barang-barang kecil ini semakin menambah beban dan efektif menjebak Anda pada biaya kelebihan bagasi. Masukkan saja yang memang wajib dipakai. Sedang yang sifatnya bisa ditunda, sebaiknya tak usah dibawa.

Di sini dan di sana memang perlu

Andaikan tempat yang dituju berbeda musim atau ada kondisi tertentu, disarankan Anda mengangkut kebutuhan yang sesuai tempat tujuan dan lama waktu bepergian. Misalnya dua lembar pakaian hangat dan satu jaket berkulit tebal sudah sangat mencukupi. Selain koper tetap ringan, Anda juga tak perlu merogoh kocek lebih dalam.

Bila membeli barang di sana

Adakalanya Anda dipertemukan dengan keinginan membeli barang-barang di sana. Mungkin sebagai cinderamata bagi saudara atau kenangan untuk pribadi. Lakukan saja jika memang tetap meringankan bagasi. Sebab barangkali kesempatan mendapatkannya tak datang dua kali. Bepergian tak mesti dibatasi urusan bagasi, beli-membeli suvenir tetap bisa dilakukan dengan happy.

Kirim oleh-oleh

Terakhir untuk urusan oleh-oleh yang sekiranya memang tak bisa dihindari lagi, tetapi jelas signifikan menambah berat beban koper, Anda masih bisa memakai cara lain. Tepatnya dengan mengirimkan tersendiri lewat jasa ekspedisi. Cara ini dianggap masih jauh lebih murah dibanding membayar langsung kelebihan bagasi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments