22

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Tanam Benang

Tanam benang kini sedang digandrungi dunia kecantikan. Dalam waktu singkat, hasil sudah bisa dilihat. Tapi jangan buru-buru mengikuti. Pastikan aman sebelum tanam benang dipasang.

Tanam benang juga dikenal  thread lift dan suntik filter. Dan sesuai namanya, benang menjadi sumber utama dari metode kecantikan ini. Digemari karena ada beberapa alasan. Seperti dalam waktu yang singkat, hasilnya sudah bisa terlihat. Prosedurnya pun dikenal tidak sakit. Alternatif menggiurkan bila dibandingkan dengan operasi plastik.

Umumnya benang ditanam di area wajah. Paling banyak di hidung, pipi, dan dagu. Membuat hidung lebih mancung, pipi lebih terangkat, dan dagu lebih lancip. Secara keseluruhan, wajah tampil lebih tirus. Kulit yang sudah tertanami benang juga terasa kencang dan kenyal. Bak kembali ke usia yang lebih muda.

Tetapi bukannya tak ada masalah sama sekali. Mereka yang sudah menempuh metode tanam benang, terkadang masih harus diikuti bayang-bayang mengerikan. Ketahui serba-serbinya, agar kulit dan kesehatan tak merugi.

Prosedur

Prosesnya dimulai dengan menyuntikkan atau mengoles obat bius di area wajah oleh dokter. Selanjutnya dokter akan mulai memasukkan benang ke jaringan bawah kulit. Benang khusus yang bisa menyatu dengan sel-sel kulit. Waktu yang dibutuhkan sekitar 30-40 menit. Begitu selesai, Anda bisa langsung meninggalkan lokasi.

Benang akan dipasang tergantung kebutuhan. Kadang tidak hanya sehelai dua helai. Jumlahnya bisa mencapai puluhan. Misalnya saja untuk memancungkan hidung atau membuat pipi lebih tirus.

Bahan pertimbangan

Demi keamanan, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa faktor. Lakukan konsultasi pada dokter yang memang kompeten. Bukan hanya beautician biasa. Lebih baik lagi jika dokter sudah mengenali riwayat kesehatan kulit Anda secara keseluruhan.

Temui dokter beberapa kali sebagai rangkaian konsultasi. Sekaligus memantau kerja benang pada kulit dengan seksama.

Di samping itu, ingat, hasil tanam benang hanya bertahan selama satu hingga dua tahun saja. Otomatis prosedur harus dimulai lagi dari awal jika Anda tetap menginginkan kulit terjaga. Sayangnya, tindakan berulang menanam benang tidak dianjurkan oleh para ahli. Risikonya dianggap terlalu besar.

Tidak dilakukan saat tertentu

Ketika hendak menjalani thread lift, ada syarat yang wajib dipenuhi. Sebelumnya Anda tidak boleh mengonsumsi obat-obatan berjenis ginkobiloba, antioksidan, jahe, dan lain sebagainya. Sebab obat-obatan tersebut bersifat mengencerkan darah. Sama halnya tidak sedang menstruasi yang cenderung membuat perempuan memiliki kandungan darah encer.

Darah yang sedang encer dan kemudian dibarengi dengan penanaman benang, mengandung risiko pendarahan yang sulit dihentikan. Atau memunculkan garis-garis biru yang terlihat sangat jelas pada sulur-sulur benang di permukaan kulit. Kadang juga muncul bisul-bisul kecil yang sangat gatal.

Risiko

Efek samping yang paling sering dirasakan adalah rasa nyeri di belakang telinga dan tak nyaman di area wajah. Ada pula kemungkinan timbul bengkak, memar, dan mulut sukar dibuka. Pelaku tanam benang juga mesti menghadapi risiko benang putus, bergeser, serta dapat terlihat jaringannya. Sudah pasti infeksinya jadi berlipat ganda. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments