21

Mudah Bersihkan Karpet Sendiri

Karena ukurannya yang tebal dan besar, karpet sering dianggap momok menjengkelkan. Dibutuhkan, tetapi sulit dibersihkan. Padahal sebenarnya Anda bisa membersihkannya sendiri.

Caranya pun mudah. Meski masih membutuhkan bantuan alat, tetapi setidaknya tidak membuat Anda tergantung pada ahli pembersih karpet yang profesional. Di samping ongkosnya mahal, mereka juga tidak bisa serta merta datang. Alhasil karpet tetap terbentang dengan kotoran terpampang amat jelas.

Belum lagi, bila tak segera dibersihkan, karpet cenderung mengeluarkan bau tak sedap. Menandakan karpet telah dihinggapi kuman dan bakteri. Bukan tak mungkin lagi telah berubah menjadi sarang penyakit. Amat rawan bila tetap dijadikan alas banyak aktivitas. Walau sekadar duduk, berbaring, sampai tempat main anak-anak.

Jadi supaya karpet tetap bersih dan aman, segera bersihkan. Rutin, dan tanpa menunggu noda kering. Sebab karpet bukan sekadar pelindung alas semata, ia juga bagian estetika di rumah Anda.

Sapu lidi dan vacuum cleaner

Sapu lidi dan vacuum cleaner adalah contoh alat yang efektif membersihkan karpet. Kedua alat ini bisa digunakan secara rutin atau setiap hari. Dengan catatan, debu atau kotoran berada dalam level ringan. Alias menyingkirkan debu tipis saja.

Tetapi dalam penggunaannya, perhatikan bahan karpet. Barangkali sapu lidi lebih bisa diterima. Namun untuk karpet yang berbahan bulu halus, sebaiknya Anda memakai kedua alat tersebut dengan bijak. Pasalnya bisa merusak serat bahan dan hasilnya karpet cepat rusak.

Bersihkan bagian bawah

Bersih-bersih secara rutin juga harus dilakukan pada bagian bawah karpet. Apalagi karpet umumnya dipakai dalam jangka lama dan menempel langsung pada lantai. Bagian bawah mudah lembap dan berjamur. Ditambah debu, kotoran, atau bakteri tetap tinggal nyaman di sela-selanya.

Lama-lama berpengaruh juga pada fisiknya. Juga pada lantai yang menyisakan noda hitam tak sedap dipandang. Maka bersihkan secara berkala bagian bawahnya. Di samping memberikan kesempatan pada lantai untuk bernapas sedikit lega.

Bahan alami dan kimiawi

Ada beberapa bahan alami dan kimiawi yang mampu menolong membersihkan karpet. Misalnya saja soda kue, cairan lemon, baking soda, dan bubuk kopi. Sedang bahan kimiawi bisa berasal dari sabun cuci piring, sampo khusus karpet, dan bedak. Tinggal taburkan pada permukaan atau bagian yang kotor saja, diamkan sejenak, lalu hisap dengan penyedot debu.

Untuk noda ringan

Bila karpet terkena noda ringan, segera bersihkan. Jika dibiarkan noda lebih sulit dimusnahkan. Pakai semprotan, terutama yang berisi deterjen, agar sempurna mengenai sasaran. Selain itu, tidak membuat karpet terlalu basah. Gosok berulang kali bagian yang ternoda, lalu ganti ambil semprotan yang berisi air hangat. Semprotkan kembali sambil menekankan lap. Terus tekan sampai karpet kering.

Ekstrasi air dan ekstrasi kering

Ada pula cara lain yang menggunakan metode ekstrasi air atau uap dan ekstrasi kering. Pada cara pertama, uap air akan disemprotkan lalu disedot kembali dengan mesin. Air akan menghitam sebagai bukti tersedotnya semua kotoran. Sedang ekstrasi kering memakai bahan kimia yang cukup mahal harganya. Tetapi hasilnya lebih cemerlang. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments