20

Alternatif Les Selain Calistung Bagi Anak TK

Les calistung bukan satu-satunya pilihan bagi anak TK. Masih banyak jenis les yang bisa dijalani. Alternatif yang bisa membantu para orang tua agar anak tidak terjebak pada urusan baca, tulis, dan hitung saja.

Selain itu, mengajak anak berkecimpung dalam dunia selain calistung bisa menjadi jalan mengasah minat dan bakatnya. Menemukan apa yang diinginkan di samping sarana mengembangkan masa tumbuh kembangnya. Anak juga dapat menambah pengetahuan dan wawasan, yang barangkali tidak didapat di sekolahnya.

Tinggal atur waktunya. Tidak harus diikuti semua. Tergantung dari anak suka atau tidak. Selain itu, jangan sampai menggerus prioritas waktunya, yakni bermain dengan ceria.

Musik

Mengenalkan musik pada anak akan sangat berdampak pada perkembangan motoriknya. Menajamkan naluri dan rasa pada kecintaan nada dan alunan suara. Pada tahap awal, orang tua tidak perlu membatasi pada satu jenis alat musik. Tapi biarkan anak mencoba semua sampai dia menentukan sendiri alat musik favoritnya.

Tari

Tak ubahnya dengan tari yang mengajak anak lebih luwes menangkap irama dalam bentuk gerakan indah. Melatih anak menyesuaikan nada dan gerak, serta meningkatkan daya memori. Les tari yang bisa diikuti pun beragam. Mulai dari sederet tari tradisional atau tari modern, seperti balet.

Renang

Dengan les renang, segudang manfaat yang didapat. Mulai dari fisik yang lebih sehat dan stamina yang lebih terjaga. Di sisi lain, renang juga dianggap sebagai metode pertahanan hidup yang diyakini harus dimiliki oleh setiap orang. Jadi tak ada kata rugi membuat anak belajar renang sejak awal.

Seni bela diri

Banyak cabang seni bela diri yang bisa dipelajari anak. Karate, taekwondo, dan sejenisnya. Seni bela diri juga sangat cocok bagi anak yang bertemperamen tinggi dan cenderung mempunyai energi besar. Terkenal pemarah dan tidak bisa diam. Sehingga belajar bela diri bukan saja untuk seni mempertahankan diri, tetapi juga untuk melampiaskan emosi dan energi.

Menggambar dan mewarnai

Dalam les menggambar dan mewarnai bukan asal corat-coret. Ada tuntunan untuk mengekspresikan ide dalam sebuah gambar. Lalu dilanjutkan dengan pewarnaan dan berbagai metode lainnya. Sangat sesuai bagi anak yang memang memiliki kegemaran seni lukis dan kreasi.

Robotik

Lalu ada pula les robotik yang cocok bagi usia taman kanak-kanak. Kegiatannya terlihat serius, tetapi ternyata banyak diminati anak. Karena di sana mereka diajak menyusun suatu konsep yang biasanya diawali dari bentuk bangunan. Dilanjutkan pada bentuk-bentuk yang rumit dan lebih kompleks. Terkadang menggunakan mainan lego atau bentuk-bentuk lain untuk mendesain. Pelatih juga kerap membiarkan anak-anak bebas menyusun konsep tertentu. Membuat anak lebih ekspresif dan berdaya guna.

Kebugaran

Pada dasarnya kebugaran tidak masuk kategori les. Tetapi dapat dianggap sebagai kegiatan ekstra di luar jam pelajaran. Terlebih bila dilakukan secara rutin dan teratur. Misalnya yoga untuk anak-anak, club sport kids, dan lain-lain. Di samping berolahraga, anak juga menjalin interaksi dengan teman sebaya, mengenal pertandingan, daya saing, dan sebagainya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments