19

Elegan Menghadapi Perselingkuhan Pasangan

Perselingkuhan oleh pasangan bukan hal yang mudah diterima. Dan lebih sulit lagi menentukan sikap untuk menghadapinya. Entah ke depan akan bagaimana jadinya, tentunya Anda mesti elegan menjawab pengkhianatannya.

Apalagi bila mendapati pasangan selingkuh untuk pertama kali. Tak percaya dan serasa disambar petir beribu kali. Pasangan yang seolah telah kita kenal luar dalam, ternyata memiliki sisi lain yang tak terduga. Sembunyi-sembunyi melakukan hal yang paling menyakitkan hati.

Tak ayal, diri sendiri kerap jadi merasa bersalah. Bahkan merutuki diri sebagai penyebab pasangan sampai berselingkuh. Tidak pantas lagi untuk dicintai dan tidak percaya diri melakukan banyak aktivitas.

Padahal harus disadari, belum tentu kesalahan terletak pada Anda. Sehingga tak perlu berlama-lama mengondisikan diri berada dalam posisi yang merugi. Tetap pasang semangat yang tinggi dengan tegap melangkah. Bukan berpura baik-baik saja, melainkan Anda memang pantas untuk lebih dihargai dan tulus dicintai.

Mendengar alasan

Dengarkan alasan yang melatarbelakangi perbuatan pasangan. Dengarkan hingga tuntas dalam sikap yang tenang dan sabar. Tahan emosi agar tidak langsung murka didepannya. Walau alasannya menyakitkan, tak masuk akal, atau terlalu dibuat-buat. Disarankan, dalam minta keterangan ini hanya bersama pasangan saja. Bila terdapat pihak lain, apalagi orang ketiga, dikhawatirkan alasan yang sebenarnya tidak terungkap. Plus posisi Anda menjadi lemah.

Berkata sejujurnya

Di sisi lain pasangan harus tahu perasaan Anda yang sebenarnya. Maka tak perlu ragu untuk mengatakannya. Marah, benci, malu, kecewa, dan sebagainya. Mesti pada dasarnya pasangan sudah menduga, tetapi dengan mengungkapkan secara lisan, pasangan akan jadi jera dan menyesal. Berbeda bila Anda diam saja. Pasangan dapat menganggap masalah ini dapat berlalu begitu saja.

Lanjut atau selesai

Keputusan berada di tangan Anda. Nyaman tidaknya tetap berada di samping pasangan, Anda yang paling tahu jawabannya. Karenanya, segera tentukan. Berpisah menandakan Anda merdeka. Sedang tetap bersama berarti banyak hal yang wajib diperbaiki. Terkait komitmen, janji, dan masa depan berdua.

Mencurahkan ke pihak lain

Bagi beberapa orang, perselingkuhan pasangan adalah aib. Jadi perlu ditutup rapat-rapat dan disimpan sendiri. Sedang bagi yang lain perlu ditumpahkan. Kepada orang yang dipercaya sebagai ahlinya dan dilampiaskan pada aktivitas kegemarannya. Semata-mata untuk mengurangi beban yang mengganjal, sekaligus terapi emosi.

Istirahat sejenak

Lalu sediakan waktu bagi diri sendiri guna beristirahat sejenak. Tetapi bukan untuk meratapi soal cinta. Lebih tepatnya untuk memberikan jeda agar pikiran dan jiwa lebih rileks. Ambil jam tidur yang lebih lama dari biasanya, serta jangan ambil waktu lembur yang berlebihan. Bila perlu ajukan cuti dan pergilah berlibur selama beberapa hari.

Memaafkan

Di samping itu, tentu saja memaafkan pasangan dapat dilakukan. Mengerti, memahami, dan bahkan memaklumi perselingkuhannya. Tergantung pada keputusan dan kebijaksanaan Anda sendiri. Memaafkan yang mencerminkan tak ada dendam. Baik pada pasangan maupun pada pihak ketiga. Juga memaafkan yang berarti tak selalu tetap bersama dengannya. Akan tetapi merelakan dan mengikhlaskan yang telah terjadi di masa lalu. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments