17

Perlu Diwaspadai Saat Berlibur ke Pantai

Bagi Anda penikmat pantai, ada beberapa hal yang jangan sampai terabaikan. Pasalnya, terkait dengan keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Waspada agar liburan di pantai tidak menyisakan duka.

Selain itu tentu saja Anda perlu mempertimbangkan faktor lain, seperti cuaca atau kondisi fisik. Saat akan berlibur Anda sudah merasa tak sehat, sebaiknya tak usah memaksa diri. Begitu pula dengan cuaca yang sudah menunjukkan keengganan bersahabat. Lebih baik jadwalkan kembali liburan pada hari lain.

Gelombang tinggi atau air pasang

Waspada pada ombak yang tiada berhenti datang. Mungkin awalnya terlihat tenang, tetapi mendadak dapat berubah sebagai gelombang tinggi. Atau berupa air pasang yang tidak sepenuhnya aman bagi pengunjung. Segera hindari, menepi pada tempat yang lebih tinggi. Apalagi bila tampak gejala tsunami, yaitu air yang tiba-tiba surut. Tanpa perlu menunggu instruksi dari petugas, segera menjauh dari pantai.

Suhu panas

Hati-hati terhadap suhu panas di pantai. Memang pantai sudah terkenal dengan teriknya. Tetapi suhu tinggi yang berlebihan belum tentu bisa ditoleransi oleh tubuh. Terutama anak-anak dan para manula. Sediakan tabir surya SPF tinggi, minimal 50, untuk melindungi permukaan tubuh. Serta peneduh yang bisa menaungi. Tidak ketinggalan konsumsi cairan yang cukup, agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

Anak-anak

Anak-anak juga masuk dalam kategori yang perlu diwaspadai. Terkadang orang tua dapat terlena karena terpisah jarak dan masing-masing memiliki agenda seru sendiri. Tidak awas bahwa anak belum tentu kuat menahan deru ombak seringan apapun. Mulanya mereka bisa saja mencoba bermain air di tepian, tetapi lama-lama ikut terseret arus menuju ke tengah. Bahaya kan?

Kemampuan diri

Di samping itu waspada pada kemampuan diri sendiri. Jangan sampai timbul cedera. Contohnya tidak berenang di pantai bila belum ahli. Sebab berenang di pantai dengan di kolam renang tentu berbeda. Atau tidak nekat berselancar tanpa ada pendampingan dari instruktur. Patuhi pula bila tubuh sudah menunjukkan sinyal ingin beristirahat. Khususnya bagi tubuh yang tidak kuat menerima semilir angin atau terpaan sinar matahari dalam jangka waktu tertentu.

Hewan laut

Hewan laut, seperti ubur-ubur, bintang laut, dan duri babi, masuk dalam kategori bahaya. Meski Anda gemas ingin menyentuh karena terlihat berjemur bebas di hamparan pasir. Ingat, mereka bisa mengeluarkan racun yang menimbulkan efek negatif pada tubuh, misalnya gatal dan nyeri luar biasa.

Beberapa karang juga memiliki sisi yang tajam, sehingga bila tidak waspada Anda atau anak-anak bisa terluka. Terkadang bisa menimbulkan goresan yang cukup dalam. Karena itu, waspadai juga hal tersebut.

Peringatan dari petugas

Tetap patuhi aturan yang telah digarisbawahi oleh petugas. Misalnya larangan berenang, tidak membuang sampah sembarangan, segera meninggalkan area pantai menjelang matahari terbenam, dan sebagainy. Aturan ini tidak hanya ditujukan bagi Anda semata, melainkan juga untuk keberlangsungan pantai agar lestari.

Jalur evakuasi

Jalur evakuasi sering dianggap tidak penting. Padahal sangat dibutuhkan apabila terjadi kejadian yang tak terduga. Minimal ketahui rute menuju tempat yang aman beserta cara yang paling cepat menuju kesana. Cukup dengan berlari, mendaki, atau membutuhkan kendaraan. Pilah mana opsi yang paling memungkinkan untuk dilakukan, terutama bagi Anda yang datang ke pantai beserta rombongan besar. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments