15

Menjaga Bibir Tetap Sehat Seutuhnya

Bibir merupakan salah satu kebanggaan para wanita. Dalam kondisi apapun, ia harus tampil sempurna. Karenanya bibir mesti terjaga. Sehat dalam arti yang sesungguhnya.

Sebab banyak bibir yang terlihat menarik karena pulasan lipstik belaka. Saat perona warna terhapus, tampak kondisi aslinya. Yakni hitam, kering, dan pecah-pecah. Membuat pemilik bibir menjadi tergantung pada lipstik setiap saat. Keadaan demikian tentu merepotkan. Di samping menimbulkan ketidakpercayaan.

Satu-satunya jalan adalah tentu dengan mengakhirinya. Dengan kata lain, mengembalikan vitalitas bibir sekaligus menjaganya terus menerus. Bibir akan berubah sebaliknya. Merah merona, lembut, dan memasang tingkat percaya diri tinggi lagi.

Kebutuhan air putih

Air putih yang sangat sederhana ini ternyata cukup membantu. Minum segelas air setiap dua jam. Air putih akan memenuhi kebutuhan mineral dan menjauhkan Anda dari dehidrasi selama semalam penuh. Jadi tak ada lagi cerita bangun pagi mendapati bibir telah kering dan bersisik.

Pelembap dan lipstik

Gunakan pelembap dan lipstik untuk membantu. Cara ini untuk menghasilkan efek yang lebih cepat dan efisien. Tetapi Anda tetap perlu memperhatikan timing dan kandungan bahan.

Karena tidak semua jenisnya bisa diterima oleh bibir. Dalam kondisi udara yang dingin, pelembap dan lipstik dapat melindungi dari kekeringan dan pecah-pecah. Maupun pada siang hari yang terik berfungsi sebagai pelapis dari terpaan debu serta sinar matahari. Tetapi jenis lipstik yang sedang tren sekarang, yaitu matte, ternyata setelah pemakaian justru membuat bibir sangat kering. Teliti kembali sebelum Anda mengusapkannya pada bibir.

Masker bibir alami

Masker bibir tidak lain adalah scrub. Bisa dibuat sendiri di rumah. Berupa gula dengan campuran bahan seperti madu, lemon, minyak zaitun. Atau dari buah-buahan, semisal bit dan timun. Bahan-bahan tersebut bisa langsung dioleskan pada bibir lalu sedikit digosok-gosok. Biarkan selama 10 hingga 15 menit. Akhiri dengan bilasan air biasa. Di sisi lain tak masalah jika Anda memanfaatkannya sebagai masker semalaman. Asal Anda rutin mengaplikasikan tiap hari, niscaya bibir indah merona segera Anda miliki.

Tidak menjilat

Disamping itu, ingat baik-baik untuk tidak menjilat bibir. Kebiasaan ini, tanpa disadari, sering dilakukan dengan harapan bibir dapat tetap basah. Namun pada dasarnya kenyataan menunjukkan sebaliknya. Air liur atau saliva yang ada di bibir cepat menguap dan membuat bibir lebih kering daripada kondisi sebelumnya.

Bersihkan sebelum tidur

Ingat juga untuk membiasakan diri membersihkan bibir sebelum beranjak ke peraduan. Bibir juga layak dipastikan kebersihannya sama seperti halnya Anda memperlakukan wajah dan tubuh. Pastikan tidak ada lagi sisa-sisa makeup atau lipstik yang masih menempel.

Jauhi rokok dan kafein berlebihan

Agar rangkaian perawatan semakin sempurna, iringi dengan perlindungan dari dalam. Jauhi rokok dan kafein yang berlebihan. Seperti yang banyak terdapat di kopi dan teh. Sebagai gantinya, asup makanan yang berserat. Buah dan sayur yang lebih friendly bagi bibir. Khasiatnya yang kaya akan vitamin dan mineral mujarab menampilkan bibir sehat merah merona. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments