14

Cara Mudah Hapus Gosong dari Perabot Dapur

Bagi wanita, apalagi ibu rumah tangga yang gemar memasak, peranti dapur adalah benda kesayangan. Di hari kasih sayang ini, sebelum memasak untuk orang tersayang, perhatikan apakah perabot dapur masih cantik, tidak menghitam atau gosong. Gosong pada perabot dapur tak sedap dilihat. Tapi tenang saja. Ada cara-cara mudah untuk membuat perabot kinclong lagi.

Bahannya pun mudah didapat. Tak mahal, apalagi tidak membutuhkan tenaga yang besar. Waktu pengerjaan cukup singkat. Jadi menyingkirkan gosong pada perabot dapur bukan suatu hal yang mustahil. Padahal yang terjadi sebaliknya, banyak yang menganggap berurusan dengan peralatan dapur yang hangus sangat menyusahkan. Sehingga banyak panci dan wajan yang dibiarkan gosong sekian lama.

Di samping itu, ada baiknya Anda sedari awal menjaga jangan sampai gosong. Begitu selesai memasak, langsung cuci dan keringkan. Singkirkan semua sisa lemak, gula, minyak, dan kerak makanan. Jadi, saat digunakan kembali sisa-sisa tadi tidak terbakar panas lalu berubah jadi gosong. Serta perlu diketahui, gosong pada area luar panci banyak disebabkan oleh jelaga yang lama tak dibersihkan sempurna.

Air panas dan sendok kayu

Anda bisa mengawali dengan memasukkan air setinggi gosong yang ada di dalam peralatan. Lalu rebus bersama. Ketika akan mencapai titih didik, gunakan sendok dari kayu untuk menyikat bagian-bagian yang gosong. Jangan gunakan bahan tajam, sebab bisa melukai bodi perabot itu sendiri.

Cuka dan soda kue

Kedua bahan ini bisa saling berkolaborasi dan Anda campurkan ke dalam air yang sedang direbus. Fungsinya untuk mempercepat dan semakin efektif menghapus gosong di peralatan. Akan muncul gelembung-gelembung kecil tapi tak usah dikhawatirkan. Setelah itu, buang air rebusan, cuci dengan sabun, dan bilas.

Baking soda

Begitu pula dengan sejuta khasiat dari baking soda. Bubuk putih bisa Anda balurkan ke sekujur bagian gosong dan diamkan selama beberapa jam. Atau dalam rentang waktu yang dirasa cukup. Proses selanjutnya tinggal menggosok sampai warna hitam dari gosong menghilang sepenuhnya. Tutup dengan sentuhan air dan sabun cuci, sehingga perabot dapur kembali seperti sediakala.

Sabun cuci dan jeruk nipis

Paduan antara sabun cuci dan jeruk nipis bisa Anda tambahkan pada peralatan yang sedang direbus bersama air panas. Bahan ini juga sangat menolong dan jadi andalan. Dengan bahan ini pula, Anda tak perlu menggosok kuat-kuat membasmi hangus. Bila dibiarkan larut dalam air rebusan selama 10 menit saja, Anda bisa dengan mudah menyulapnya cemerlang lagi

Abu gosok

Jangan sepelekan kekuatan abu gosok. Sangat manjur menghapus gosong yang berada di area luar perabot. Oleskan hingga menutup sempurna, lalu pilih sikat atau alat yang cukup kuat untuk menyikat. Ulang beberapa kali sampai bersih dan akhiri dengan baluran sabun cuci. Bilas dan dapatkan hasil yang memuaskan.

Bantuan kulkas

Gunakan jasa kulkas yang belum banyak dikenal. Masukkan perabot dapur yang hangus ke dalam kulkas Anda bila ukurannya sesuai. Lebih baik lagi di bagian freezer. Diamkan semalaman agar bagian gosong ikut membeku. Keesokannya, begitu perabot dikeluarkan, Anda bisa mulai merontokkan bagian gosong dengan teramat mudah. Bahkan kadang sudah rontok dengan sendirinya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments