13

Merebut Kembali Hati Anak yang Sudah Terlanjur Lengket dengan Nanny

Anak belum tentu dekat pada orang tua. Bisa saja dia lebih lengket pada pengasuhnya. Berbagai upaya perlu dilancarkan demi merebut hatinya kembali.

Seutuhnya, dari interaksi sampai urusan hati. Orang tua mesti kembali sebagai sosok utama yang harus dicarinya pertama kali. Bukan lagi menggantungkan berbagai urusan pada nanny. Sebab bila kelekatan ini dibiarkan terus menerus, anak tak menemukan bentuk keluarga yang ideal. Di samping orang tua dapat terlena dengan menjadikan pengasuh sebagai wakilnya. Di mana seharusnya tugas-tugas tertentu tetap diemban orang tua.

Jika sudah menyadari bahwa posisi orang tua rawan tergantikan, segera laksanakan tindakan pencegahan. Menghentikan dampak yang berkelanjutan, yang mana bakal lebih sulit penanganannya. Selain orang tua mesti mencari tahu sumber penyebab paling besar, yang membuat anak dan orang tua saling tak berdekatan.

Pulang kerja lebih cepat

Bisa saja penyebabnya ternyata karena selama ini orang tua pulang terlalu larut malam. Otomatis hari-harinya lebih banyak terisi bersama nanny. Maka dari sekarang, pulang lebih awal atau sebelum anak memasuki jam tidurnya. Lakukan dengan rutin dan isi dengan kegiatan yang membangun keterikatan.

Bermain dan berinteraksi hangat

Ketika sudah berada di rumah, upayakan waktu Anda memang untuk dia. Tidak terpecah pada urusan lembur atau ponsel di depan mata. Setidaknya selama anak belum mengantuk. Gunakan untuk bermain bersama, ngobrol ringan tentang kegiatan selama di rumah dan sekolah, juga dapat untuk mendongeng. Anak pun merasa mendapat posisi karena diajak berinteraksi.  

Menemani anak tidur

Cara lainnya adalah dengan menemani anak tidur. Anda bisa mengawali dengan menceritakan sebuah buku, berdoa bersama, dan memeluk sampai ia benar-benar terlelap dalam alam mimpinya. Kehangatan sebagai pengantar tidur bisa dirasakan. Kebiasaan baik yang perlu dijaga dan dilestarikan demi cita-cita merebut kembali buah hati.

Menyiapkan kebutuhannya

Jangan segan untuk menyiapkan sendiri berbagai kebutuhan anak. Dari urusan makan, mandi, seragam, sampai hal-hal menyangkut peralatan sekolah. Anak akan merasakan sentuhan khusus dari orang tua, yang pastinya berbeda dari tangan pengasuh. Lebih bermakna dan berasal dari hati. Sepenuhnya ditujukan untuk anak, sebagai bekal pengiring segala aktivitasnya. Meski kemudian orang tua harus pergi sejenak bekerja dan anak kembali ke pangkuan nanny.

Tak menginap, tapi pulang harian

Lakukan trik dengan mengubah jam kerja nanny. Yakni dengan setengah hari saja, sehingga pengasuh tak perlu menginap seperti sebelumnya. Dengan jalan ini, Anda bisa mengambil alih tugas-tugas yang biasanya dikerjakan olehnya. Anak tak lagi mendapati keberadaan pengasuh sepanjang hari. Perlahan hati dan perhatiannya akan kembali pada orang tua.

Resign dari pekerjaan

Masih ada lagi metode yang bisa dilakukan, ialah resign dari pekerjaan. Masuk dalam kategori langkah ekstrem. Namun dapat menjadi jawaban telak, bagi kondisi Anda yang saat ini benar-benar merasa jauh dengan anak, merasa pengasuh terlalu dominan, hingga anak terlalu tergantung padanya. Begitu resign, sebaiknya saat itu juga pengasuh keluar dari rumah Anda. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments