09

Manfaat Arisan Keluarga

Setiap arisan mempunyai tujuan masing-masing. Begitu pula dengan arisan yang anggotanya berasal dari satu keluarga. Tidak melulu mementingkan berapa angka yang harus disetor tiap bulan, tetapi mengejar faedah lain yang tak kalah berharganya.

Tentunya kelanggengan arisan membutuhkan komitmen yang kuat. Tidak sekadar mentransfer atau menyetor uang, tetapi ikut hadir di setiap waktu pengundian. Apalagi bila tempat tinggal sudah saling berjauhan dan waktu bertatap muka tidak bisa diprediksi.

Anda dan kerabat bisa mengaturnya agar arisan semakin menyenangkan. Tidak menyusahkan dan membebani satu sama lainnya. Misalnya dengan menyebutkan nilai uang yang cukup rendah yang harus ditanggung anggota. Tidak mengadakan pertemuan arisan di rumah agar tidak merepotkan pemilik. Serta mengadakan pengundian tidak terlalu sering. Dengan tujuan supaya banyak anggota keluarga yang dapat merencanakan kehadiran. Di samping menjauhi rasa bosan akibat terlalu sering berkumpul bersama-sama.

Keluarga juga perlu menyepakati supaya tidak membuat aturan yang dapat memberatkan pemenang undian. Jadi masing-masing tetap merasa happy untuk berkumpul dan menikmati hasil kocokan arisan. Meminimalisir penolakan dan permusuhan di dalam keluarga sendiri.

Dana abadi keluarga

Arisan dapat difungsikan sebagai dana abadi keluarga. Menutup permasalahan dan aneka kebutuhan. Contohnya terkena musibah atau sakit. Sehingga dapat dikatakan arisan menjadi dana pinjaman. Selain membudidayakan rasa gotong royong dan lebih peka terhadap problem yang dirasakan antar saudara. Tinggal membuat kebijakan yang memudahkan tempo pengembalian. Menjaga keutuhan akumulasi uang arisan serta tetap memberlakukan rasa adil pada semua anggota.

Bertatap muka dan melepas rindu

Arisan dalam keluarga memiliki daya tawar yang susah ditolak. Yaitu dapat bertatap muka dan melepas rindu. Berbicara tanpa harus ada tabir penghalang, seperti batasan berkomunikasi dalam aplikasi online. Bahkan dapat dimanfaatkan sebagai terapi guna melepas lelah dan stres karena beban pekerjaan tinggi. Walau tanpa ada metode yang pasti, bertemu keluarga bisa mengobati penyakit pikiran dan hati.

Mengikat silaturahmi

Di sisi lain, arisan menjadi pengikat silaturahmi. Menjaga keutuhan sebagai tetap satu keluarga walau sudah merantau dan memiliki keluarga kecil sendiri. Tetap saling menyambung dan mengetahui kabar tiada henti. Ajang mendekatkan diri dan saling mengenali mereka yang baru bergabung dalam keluarga besar. Entah sebagai pasangan salah satu anggota yang baru menikah atau anak-anak yang baru dilahirkan.

Piknik bersama

Dapat pula berfungsi sebagai piknik bersama. Terutama bila arisan diadakan di pinggiran kota dan di lokasi wisata. Acara pengundian akan semakin menarik karena iming-iming refreshing sambil menikmati sajian kuliner. Manfaatnya bisa berlipat ganda dengan keceriaan dan kehangatan yang mewarnai.

Bakti sosial pada sesama

Namun ada pula tujuan arisan keluarga yang tidak diarahkan pada anggotanya. Melainkan berupaya agar dapat dirasakan mereka yang lebih membutuhkan. Seperti mewujudkan cita-cita orang tua yang belum kesampaian mendirikan panti asuhan, tempat ibadah, dan sebagainya. Dana arisan dikelola dan diputar tanpa mengharap imbalan yang menguntungkan. Mengumpulkan dana layaknya lembaga sosial nirlaba. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments