03

Menengok Pantai di Lombok Pasca Gempa

Pertengahan tahun lalu Lombok diguncang gempa. Sempat menyurutkan minat wisatawan untuk bertandang. Tetapi kilaunya sebagainya penyedia panorama pantai yang aduhai tetap tak terkalahkan.

Simak beberapa kondisi pantai berikut ini di hamparan selatan Lombok. Menggoda, menggiurkan, dan pastinya membuat betah pengunjung berlama-lama di sana. Layak diabadikan mengingat eksotikanya yang memesona.

Pantai Sekotong

Sekotong masuk ke area Kabupaten Lombok Barat. Dari bandara, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam. Jalanan menuju ke sana sangat sepi dan mulus sekali. Bahkan mendekati areanya, Anda akan diajak berkeliling dulu mengitari bukit sambil menikmati pemandangan pantai di bawah.

Pantainya memang belum terkenal seperti Gili Trawangan atau Senggigi. Tetapi Sekotong juga memiliki gili (pulau) yang masih alami seperti Gili Nanggu. Pantainya sendiri belum banyak tersentuh sehingga cocok untuk Anda yang ingin menikmati suasana sepi. Makanannya pun sangat murah. Ikan bawal laut bakar berukuran setengah kilo hanya 35 ribu, sedang kelapa muda utuh dihargai 5 ribu saja.

Sampai saat ini belum banyak hotel atau resort yang berdiri. Tetapi jangan khawatir, area ini sedang digodok untuk menjadi pelabuhan internasional yang kabarnya kapal pesiar dapat merapat. Jadi tak lama lagi akan banyak diburu pencinta wisata bahari juga.

Pantai Ampenan

Pantai ini terletak di pinggir barat Kota Mataram. Tepatnya di kawasan kota Tua Ampenan. Jangan heran jika sebelum memasuki area pantai, Anda akan melihat sederet bangunan-bangunan tua khas Cina. Atau disebut juga Pecinan. Sebagian rusak tak terawat, sebagian lagi masih dimanfaatkan untuk toko dan warung makan.

Pantai Ampenan sangat ramai pada sore hari. Para pengunjung menikmati sajian di pinggir pantai sembari menanti matahari terbenam. Makanan yang terkenal berupa ikan bakar serta jenis makanan laut lain, harganya membuat dompet Anda tersenyum senang, karena sangat murah.

Bila tak ingin bersantap, Anda dapat menaiki semacam panggung tinggi berbahan kayu. Dari sana Anda dapat menyaksikan hamparan laut yang luas dengan beberapa kapal yang berlalu lalang. Plus suara deburan ombak yang menghantam tembok pembatas dengan riangnya.

Pantai Kuta Mandalika

Pantai Kuta Mandalika kini sedang digandrungi. Bukan saja karena baru dibuka, tetapi memang kondisinya yang tak bisa diabaikan begitu saja. Pasirnya terbentang luas dengan bentuk yang menarik. Orang setempat menyebutnya sebagai pasir merica. Memang mirip dengan butiran-butiran kecil merica. Salah satu daya tarik yang diunggulkan dari pantai ini.

Kuta Mandalika juga dikelilingi oleh deretan bukit. Pas sekali sebagai latar foto untuk berbagai pose. Untuk anak-anak, disediakan pula alat bermain. Semakin menambah semarak pantai dengan sorak sorai gembira mereka.

Untuk Anda yang ingin menginap, di pinggiran pantai banyak berdiri hotel bujet. Lengkap dengan restoran dan fasilitas lain. Cukup memenuhi kebutuhan bagi yang ingin lama tinggal dan memuaskan hasrat wisata disana. (LAF)

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Lies Afroniyati

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments