01

Manfaat Hebat Rutin Jalan Kaki

Jalan kaki memang biasa dilakukan sehari-hari. Tanpa disadari, ini bisa dijalani sebagai olahraga yang ringan dan murah. Bila rutin, aneka manfaat lain akan siap menyambut Anda.

Meski Anda mengalami masalah ringan pada lutut atau kaki, jalan kaki bisa menjadi pilihan tepat untuk melakukan olahraga. Mudah dilakukan tanpa membutuhkan persyaratan yang rumit. Di samping Anda bisa menjalaninya dengan santai. Sembari melakukan aktivitas lain, baik di rumah maupun di luar. Manfaatnya juga tetap terasa apabila Anda menjalaninya dengan ritme yang lebih cepat, alias jalan cepat.

Tetapi bila Anda ingin mendapat manfaat yang lebih mengena, cobalah untuk rutin jalan kaki. Kurang lebih selama 30 menit setiap hari. Anda bisa mengawalinya dengan waktu 10 menit dulu. Misalnya menuju tempat yang tak jauh dari rumah tanpa harus berkendara.

Menguatkan otot paha dan betis

Salah satu yang bisa terlihat langsung dari rutin berjalan kaki adalah paha dan betis yang indah. Berkat otot yang kuat dan mengencang. Tidak menggelambir atau tampak loyo karena lemak yang tidak terbakar. Akhirnya berjalan kaki dapat menjadi metode yang efektif bagi Anda yang menginginkan kaki kencang.

Mengurangi gejala varises

Varises disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah vena yang berada di sekitar betis dan kaki. Varises dapat semakin parah dipicu oleh pertambahan usia. Rutin berjalan kaki akan meminimalisir gejala ini. Cukup 30 menit sehari. Menghalangi pembuluh darah vena tampak sangat menonjol dan kurang sedap dilihat pada bagian betis belakang Anda.

Menurunkan risiko penyakit kronis

Berjalan kaki juga diyakini mampu menurunkan risiko penyakit kronis terkait gula, serangan jantung, dan stroke sebesar 20 hingga 40 persen. Hal ini karena jalan kaki mampu mengontrol tekanan darah lebih stabil. Termasuk menurunkan kadar gula di dalam darah yang berpotensi memicu terjadinya berbagai penyakit tadi.

Mendukung program diet

Bagaimana hubungan antara berjalan kaki rutin dengan suksesnya program diet? Ternyata ini terletak pada respon tubuh yang lebih teratur terhadap kinerja insulin. Di samping mampu meningkatkan metabolisme dalam pembakaran ekstra kalori yang bertumpuk, berupa lemak yang kadang berbahaya apabila dibiarkan lama-lama mengendap. Jika rutin menjalani setidaknya dalam seminggu, sebanyak 200 kalori bisa dihilangkan. Bukan tidak mungkin tujuan diet lebih cepat dalam genggaman.

Suasana hati membaik

Tidak hanya itu. Jalan kaki juga mempunyai urusan dalam pengelolaan hati. Berjalan kaki selama setengah jam sama dengan mengonsumsi tiga buah dark chocolate. Menghasilkan perubahan sistem pada saraf yang membuat hati terasa lebih baik. Rasa senang dan bahagia pun tidak terhindarkan. Apalagi bila Anda berjalan bersama orang-orang tersayang.

Semakin kreatif

Ya, Anda tidak salah baca. Sebuah penelitian yang dimuat di Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition, membuktikan berjalan kaki mampu meningkatkan daya kreativitas Anda. Maka tidak mengherankan bila kemudian para pakar banyak menyarankan jalan kaki sebagai terapi. Khususnya bagi Anda yang mengalami gejala kebosanan, sering buntu pikiran, dan sebagainya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments